6 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengunjungi Bukit Kelam di Sintang Kalimantan Barat

Bukit kelam sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan, kamu bisa mencoba melakukan pendakian.

Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Bukit Kelam yang diambil dari Sungai Kapuas, belum lama ini. Bukit Kelam merupakan satu diantara ikon wisata Kabupaten Sintang yang belum tergarap optimal. TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bukit Kelam merupakan salah satu objek wisata yang ada di Sintang, Kalimantan Barat. Konon Bukit Kelam merupakan batu terbesar di Indonesia. 

Bukit Kelam merupakan icon pariwisata yang berada di kabupaten sintang, kalimantan barat. Bukit kelam sangat cocok bagi kamu yang berjiwa petualangan, kamu bisa mencoba melakukan pendakian.

Objek wisata ini juga menawarkan pemandangan yang memukau baik dari kaki bukit sampai ke puncaknya.

Dilansir dari website resmi DPMPTSP, berikut ini kami akan menjelaskan kenapa kalian bukit kelam menjadi destinasi wajib bagi kalian

1. Akses Yang Terjangkau

Akses bukit kelam sangat mudah dijangkau karena berjarak sekitar 23 km dari pusat kabupaten Sintang yang membutuhkan waktu sekitar 20 - 40 menit.

Setelah mencapai kecamatan kelam, kamu harus masuk ke jalan lingkar kelam tidak membutuhkan waktu yang lama, barulah kamu bisa melihat kaki bukit kelam.

2. Mendaki Menggunakan Tangga Via Ferrata

Mendaki menggunakan tangga via ferrata sangat cocok jika kamu pecinta adrenalin dan tidak takut ketinggian, kamu bisa menggunakan tangga via ferrata itu.

Menggunakan tangga via ferrata, pendakian bukit kelam di nilai lebih aman karena tangga tersebut dilengkapi dengan pangaman dan didampingi orang yang berpengalaman.

Jangan Khawatir tentang keamanan, apakah kalian tertarik untuk mencoba ?

Baca juga: Jadi Tujuan Wisatawan Dunia, Berikut 6 Fakta Menarik Cappadocia yang Memiliki Hotel Unik Dalam Gua

3. Keanekaragaman Flora dan Fauna

Ketika mendengar nama kantong semar kita akan mengingat tanaman yang unik dan menggantungkan dirinya memakan serangga dan beberapa binatang kecil lainnya yang dikenal sebagai tanaman karnivora.

Ya, tanaman jenis kantong semar ini juga berada di bukit kelam. Kantong semar jenis Nepenthes Clipeata merupakan tanaman endemik di bukit kelam.

Artinya untuk menjumpai kantong semar jenis ini hanya berada di bukit kelam dan tidak dapat ditemukan di daerah lainnya.

DPMPTSP menghimbau untuk pendaki tidak mengambil atau memetik tanaman ini ketika melihatnya.

Selain dari menjadi rumah bagi kantong semar, bukit kelam juga menjadi rumah untuk beberapa jenis anggrek, tanaman obat-obatan, meranti dan tengkawang.

Sedangkan untuk fauna, kalian dapat menemukan hewan-hewan seperti Armadilo, beruang madu dan beberapa jenis burung.

4. Sunrise dan sunset di bukit kelam.

Bagi kalian yang sangat menyukai pemandangan Sunrise dan Sunset, bukit kelam merupakan salah satu tempat terbak di kabupaten sintang untuk menyaksikan keduanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
2574 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved