Desain Final Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru di Kalimantan Timur Disetujui Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyetujui desain final bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru

Editor: Maskartini
Instagram/Nyoman_Nuarta
Penampakan desain final istana negara IKN Baru (Instagram/Nyoman_Nuarta)  

TRIBUNNNEWSWIKI.COM - Desain final bangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Kalimantan Timur karya Nyoman Nuarta akhirnya disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kabar baik itu diungkapkan langsung oleh desainer Istana Negara IKN Baru I Nyoman Nuarta melalui laman media sosial instagram-nya @nyoman-nuarta, Selasa 4 Januari 2022.

"Desain Istana IKN, yang telah final disambut dengan sukacita dan telah disetujui presiden," ucap Nyoman dalam statusnya tersebut.

Sebelumnya peserta sayembara Nyoman Nuarta mengajukan gambar desain bangunan istana negara yang berbentuk burung Garuda. Hasil karya Nyoman turut direspons Pemprov Kaltim. 

Nyoman menjelaskan, pada 3 Januari 2022, dirinya diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempersentasikan desain Istana Negara IKN Baru tersebut kepada Presiden Jokowi.

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial," lanjut komentarnya.

Nyoman Nuarta dalam postingan terbarunya menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak.

“Waduh saya harus bilang apa ya dengan dukungan anda2 yg luar biasa kecuali saya berjanji akan melimpahkan seluruh kemampuan saya untuk bisa sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Istana NEGARA yg unik indah nyaman beda dgn istana2 yg ada didunia ,dan bisa menjadii ikon.dgn demikian pariwisata akan berkembang pesat.terimakasih yg selalu mendukung penegakan harga diri bangsa.” tulis Nyoman.

Baca juga: Penampakan Pradesain Istana Negara Karya Nyoman Nuarta

Gambar desain Istana Negara IKN Baru yang diunggah Nyoman Nuarta di instagram pribadinya sontak mendapatkan banyak pujian dari warganet di kolom komentar.

Satu di antaranya datang dari seorang pembawa acara senior Tantowi Yahya yang menilai desain istana yang dibuat Nyoman sangat megah dan modern.

"Sangat megah. Desain yang modern dan fungsional yang berangkat dari nilai-nilai lokal. Kita, rakyat Indonesia pasti akan bangga ketika IKN ini terwujud nantinya. Bangga punya seniman seperti pak Nyoman Nuarta," kata Tantowi melalui akun pribadinya @tantowiyahyaofficial.

Meski demikian, sejumlah warganet lainnya justru mengkritisi dan mempertanyakan pernyataan Nyoman yang menyebut bahwa karyanya tidak dipengaruhi oleh kaidah-kaidah arsitek kolonial.

"Tidak dipengaruhi arsitek kolonial. Saya perkirakan ini hanya dalam lingkup langgam ya. Karena ilmu rancang bangun yang saat ini masih umum digunakan dalam struktur beton bertulang, rangka baja dan sistem pondasi, semua memiliki akar tradisi arsitektur kolonial ketika pengetahuan ini dkenalkan ke bumi Nusantara oleh pekerja rancang bangun kolonial," kata akun @sindikatdsn.

"Belum mungkin hanya permukaan langgam. Tanpa kaidah rancang bangun warisan kolonial, arsitektur kita akan tetap pake umpak batu dinding anyaman dan beratapkan daun," kutip akun @grenaldy.

Ikuti kami di
KOMENTAR
2536 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved