PENYEBAB Penyakit Ameer Azzikra, Berikut Gejala Pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh sejumlah agen infeksi, termasuk virus, bakteri, dan jamur.

Editor: Maskartini
Tribunnews
Ameer Azzikra, Anak Ustaz Arifin Ilham yang Meninggal Dunia di Usia 20 Tahun. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pneumonia adalah infeksi saluran pernapasan akut yang menyerang paru-paru. Paru-paru terdiri dari kantung-kantung kecil yang disebut alveoli, yang terisi dengan udara ketika orang yang sehat bernapas.

Putra kedua mendiang Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra, meninggal dunia pada Senin 29 November 2021. Kabar duka tersebut disampaikan oleh Alvin Faiz, putra pertama Ustaz Arifin Ilham, kakak dari Ameer.

"Innalilahiwainnailaihirojiun, telah wafat adik kami tersayang Muhammad Amer Azzikra @ameer_azzikra," tulis Alvin dikutip Kompas.com dari Instagram @alvin_411.

Seperti telah diberitakan Kompas.com sebelumnya, Ameer sempat curhat kepada sahabatnya aktor Syakir Daulay, bahwa ia ada masalah di paru-paru.

Sementara menurut kerabatnya, Hanny Kristianto melalui channel YouTube Intens Investigasi, dikatakan Ameer Azzikra sakit pneumonia akut dan infeksi ginjal.

Ketika seseorang menderita pneumonia, alveoli dipenuhi dengan nanah dan cairan, sehingga membuat pernapasan terasa sakit dan membatasi asupan oksigen.

Pneumonia dapat menimbulkan gejala ringan hingga mengancam jiwa. Penyakit ini bisa sangat berbahaya pada bayi dan anak kecil, orang yang lebih tua dari usia 65 tahun, dan orang dengan masalah kesehatan atau sistem kekebalan yang lemah.

Penyebab pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh sejumlah agen infeksi, termasuk virus, bakteri, dan jamur. Yang paling umum adalah sebagai berikut:

- Streptococcus pneumoniae – penyebab paling umum pneumonia bakteri pada anak-anak;

- Haemophilus influenzae tipe b (Hib) – penyebab paling umum kedua pneumonia bakteri;

- Virus pernapasan syncytial adalah virus penyebab pneumonia yang paling umum;

- Pada bayi yang terinfeksi HIV, Pneumocystis jiroveci adalah salah satu penyebab paling umum dari pneumonia, bertanggung jawab untuk setidaknya seperempat dari semua kematian pneumonia pada bayi yang terinfeksi HIV.

Penularan pneumonia

Pneumonia dapat menyebar melalui beberapa cara. Virus dan bakteri yang biasa ditemukan di hidung atau tenggorokan, dan dapat menginfeksi paru-paru jika terhirup.

Virus dan bakteri penyebab pneumonia juga dapat menyebar melalui tetesan udara dari batuk atau bersin.

Biasanya, tubuh Anda akan mencegah virus dan bakteri ini menginfeksi paru-paru. Namun terkadang, virus dan bakteri dapat mengalahkan sistem kekebalan tubuh Anda, bahkan jika kesehatan Anda dalam kondisi baik.

Gejala pneumonia

Melansir Mayo Clinic, tanda dan gejala pneumonia bervariasi dari ringan hingga berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kuman yang menyebabkan infeksi, usia, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tanda dan gejala ringan seringkali mirip dengan pilek atau flu, tetapi berlangsung lebih lama.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
2375 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved