8 Tanaman yang Bisa Ditaruh di Ruangan Ber-AC, Peace Lily Hingga Dracaena

apabila kamu ingin menempatkan tanaman di dalam ruangan yang ber-AC. Suhu ruangan yang selalu terjaga dalam kondisi dingin

Editor: Maskartini
Kompas
Tanaman ini cocok disimpan didalam ruangan. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ruangan dengan tanaman hias dapat menambah kesan estetik di sudut ruangan, tanaman juga bisa meningkatkan mood seseorang dan menambah kesan asri.

Meski begitu, kamu tidak bisa sembarangan menempatkan tanaman di dalam ruangan. Sebab, ruangan yang cenderung lembab, kurang sinar matahari, dan dingin tidak selalu cocok dengan tanaman yang membutuhkan cahaya dan tanah yang kering.

Hal ini juga berlaku apabila kamu ingin menempatkan tanaman di dalam ruangan yang ber-AC. Suhu ruangan yang selalu terjaga dalam kondisi dingin, tidak akan cocok untuk semua jenis tanaman.

Baca juga: 5 Tanaman Ampuh Perbaiki Suasana Hati, Ada yang Bisa Menenangkan Syaraf dan Meredakan Sakit Kepala

Rekomendasi tanaman untuk ruangan ber-AC
Jika saat ini kamu sedang mencari tanaman yang ingin kamu tempatkan di ruangan ber-AC, berikut ini rekomendasinya.

1. Peace Lily

Di urutan pertama ada tanaman Peace Lily. Tanaman ini cocok ditempatkan di ruangan ber-AC karena menyukai kelembapan. 

Dilansir dari Indoor Plants for Beginners, tingkat kelembapan yang ideal untuk merawat Peace Lily adalah 50 persen. Tanpa kelembaban yang cukup, ujung daun Peace Lily akan kecoklatan.

Peace Lily juga bisa bertahan di lingkungan yang minim cahaya. Sehingga, tanaman ini mampu bertahan lama, tetap indah, dan tidak mudah stres.

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, pastikan hewan peliharaanmu tidak berada di sekitar Peace Lily. Sebab, tanaman ini beracun apabila dimakan oleh mereka.

2. Lili Paris

Apabila tanaman ini ingin ditempatkan di dalam ruangan, sebaiknya ditaruh di pot gantung atau dinding dengan posisi yang tidak berhadapan langsung dengan AC. 

Karena lili paris atau spider plant bisa tumbuh menjuntai hingga panjang satu meter dan lebar setengah meter, pastikan tanaman ini digantung pada posisi yang benar agar pertumbuhannya tidak terhambat.

Namun, jika ingin ditempatkan di pot biasa, hal ini juga bukanlah masalah. Tanaman ini akan tumbuh secara maksimal jika dijauhkan dari AC atau tidak terlalu dekat dengan udara dingin.

3. Pohon dolar

Tanaman yang satu ini mungkin sering ditemui, tetapi kamu tidak mengetahui namanya. Ya, pohon dolar yang biasa disebut ZZ Plant merupakan tanaman yang cocok ditempatkan di ruangan ber-AC karena bisa bertahan lama. 

Dengan ciri khas batang yang memanjang dan daun yang kaku, pohon dolar bisa hidup di suhu ruangan 18 hingga 32 derajat Celsius.

Dengan demikian, AC di ruanganmu dapat membantu pohon dolar agar tetap hidup, karena suhu AC sesuai dengan habitatnya.

Baca juga: Tanaman Giok Cukup Populer Karena Dianggap Membawa Keberuntungan, Ini Tips Merawatnya

4. Paku Gunung

Di urutan selanjutnya adalah paku gunung. Tanaman yang juga disebut Pakis Boston ini bisa hidup di suhu 15 hingga 23 dearajt Celcius. 

Sehingga, tidak akan menjadi masalah jika AC di ruanganmu terus hidup, sementara di dalamnya terdapat paku gunung. Lebih menariknya lagi, tanaman ini bisa bertahan di suhu 10 derajat Celcius.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
2368 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved