Jadi Nama Jalan, Kisah Pahlawan Nasional Aria Wangsakara Pendiri Tangerang yang Ahli Strategi Perang

Aria Wangsakara yang disebut sebagai pendiri wilayah Tangerang dianugerahi Pahlawan Nasional pada 10 November 2021

Editor: Maskartini
buku Aria Wangsakara Tangerang
Raden Aria Wangsakara, pendiri Tangerang mendapat gelar pahlawan nasional.(Sumber foto: buku Aria Wangsakara Tangerang (Via WIKIMEDIA COMMONS)) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, berencana akan menggunakan nama Pahlawan Nasional Aria Wangsakara sebagai nama jalan di wilayah tersebut.

Aria Wangsakara yang disebut sebagai pendiri wilayah Tangerang dianugerahi Pahlawan Nasional pada 10 November 2021.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, penggunaan nama Aria Wangsakara sebagai nama jalan masih dalam proses pembahasan.

Tak hanya sebagai nama jalan, nama Aria Wangsakara juga akan dijadikan nama bangunan atau ruangan.

"Ada rencana nanti penamaan bangunan, ruang, atau jalan. Ada rencana nanti penamaan, nanti saya bahas dengan teman-teman," ujar Benyamin melalui sambungan telepon, Kamis 11 November 2021.

Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional untuk Empat Tokoh Ini, Siapa Saja?

Dia mengatakan, untuk menjadikan Aria Wangsakara sebagai nama jalan dimungkinkan baru terjadi tahun 2022.

Pasalnya, dibutuhkan sejumlah dokumen-dokumen pelengkap guna menjadikan Aria Wangsakara sebagai nama jalan di Tangsel.

Baca juga: MENGENAL Sosok Sultan Hamid II, Perancang Lambang Garuda Pancasila

Namun, penggunaan nama Pahlawan Nasional itu sebagai nama ruang atau bangunan dapat dilakukan pada tahun ini.

"Gedung Pemkot, misal, gedung utama Aria Wangsakara, gedung di belakang itu yang lain seperti itu. Itu bisa saja secepatnya. Kan itu internal Pemkot," urai Benyamin.

Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh yang telah berpulang. Salah satunya, yakni Aria Wangsakara.

Tiga tokoh lainnya adalah Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur, dan Usmar Ismail dari DKI Jakarta.

Gelar tersebut diberikan dalam upacara yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu kemarin.

Keputusan mengenai pemberian gelar itu dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109 dan 110 TK Tahun 2021 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Jasa.

Kisah Pahlawan Nasional Aria Wangsakara, Pendiri Tangerang yang Ahli Strategi Perang

Raut bahagia sekaligus bangga tergambar di wajah Raden Harris Yasin Yudhanegara saat menceritakan kisah leluhurnya. Leluhurnya yang bernama Raden Aria Wangsakara baru saja mendapatkan gelar Pahlawan Nasional pada 10 November 2021.

Raden Harris Yasin Yudhanegara alias Kang Bayu merupakan keturunan dari anak pertama Raden Aria Wangsakara, yaitu Yudhanegara.

Kang Bayu bercerita, Aria Wangsakara yang dikenal sebagai pendiri Tangerang, merupakan ahli strategi perang, diplomat ulung, dan seorang duta ulama. 

Pada abad ke-16, Aria Wangsakara yang diperkirakan masih berusia 25 tahun pindah dari Sumedang yang sekarang merupakan wilayah Jawa Barat ke Tangerang yang kini masuk Provinsi Banten.

Bersama dengan dua adik sepunya yang bernama Raden Aria Santika dan Pangerang Surya Dewangsa, Aria Wangsakara menemui Sultan Abdul Mufakir, Sultan ke-4 Banten.

Sumber: Kompas.com

Halaman selanjutnya

Perang 7 bulan

...

Ikuti kami di
KOMENTAR
2291 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved