8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Tinggi Vitamin E

Manfaat kacang almond termasuk membantu menurunkan tingkat tekanan darah karena kandungan magnesiumnya

Editor: Maskartini
Tribunnews
Kacang Almond. 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kacang almond juga termasuk camilan rendah kalori karena hanya mengandung sekitar 161 kalori dan 2,5 gram karbohidrat.

Tak hanya menjadi camilan lezat, manfaat kacang almond bagi kesehatan ternyata juga berlimpah.

Kacang almond dapat dikonsumsi sendiri maupun dikonsumsi bersama biji-bijian lain dan menjadi tambahan menu makanan sehat seperti smoothie, atau pun diolah menjadi produk susu, minyak, mentega, atau tepung.

Segenggam atau sekitar 28 kacang almond mengandung 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak (di antaranya lemak tak jenuh tunggal), vitamin E yang memenuhi 37 persen rekomendasi asupan harian, mangan yang memenuhi 32 persen rekomendasi harian, dan lainnya.

Manfaat kacang almond

Berikut sejumlah manfaat kacang almond untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Almond membantu mengelola kolesterol

Untuk mendapatkan manfaat kacang almond terhadap kesehatan jantung, dianjurkan mengkonsumsi sekitar 45 gram almond sehari.

Kacang almond tinggi akan lemak, namun lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak tak jenuh.

Menurut Medical News Today, jenis lemak ini tidak meningkatkan risiko low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Dalam jumlah sedang, American Heart Association (AHA) mencatat bahwa lemak tak jenuh dapat membantu memperbaiki status kolesterol darah seseorang.

Baca juga: Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Kaya Vitamin dan Nutrisi

Selain itu, almond tidak mengandung kolesterol. Sebuah studi dari dari tahun 2005 menunjukkan bahwa mengonsumsi almond dapat meningkatkan kadar vitamin E dalam plasma dan sel darah merah, serta menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu menghentikan proses oksidasi yang menyebabkan kolesterol menyumbat arteri.

Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung hasil tersebut.

Ulasan di 2018 mencatat bahwa nutrisi dalam kacamg almond dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol baik.

Untuk mendapatkan manfaat kacang almond terhadap kesehatan jantung, dianjurkan mengkonsumsi sekitar 45 gram almond sehari.

2. Almond menurunkan risiko kanker payudara

Salah satu potensi manfaat kacang almond adalah membantu menurunkan risiko kanker payudara.

Salah satu potensi manfaat kacang almond adalah membantu menurunkan risiko kanker payudara.
Sebuah studi di 2015 melihat keterkaitan konsumsi kacang dan risiko kanker.

Para penulis mengidentifikasi, risiko kanker payudara dua hingga tiga kali lebih rendah di pada individu yang mengonsumsi kacang tanah, kenari, dan almond dalam jumlah lebih tinggi dibandingkan dengan individu yang tidak mengonsumsinya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
2288 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved