KEUTAMAAN Membaca Surat Yasin Jantungnya Al Quran, Jika Dibaca Allah Berikan Ampunan

di sebuah hadis Nabi Muhammad dijelaskan siapa yang membaca Surah Yasin malam hari, maka subuhnya dosa-dosanya akan diampuni

Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/MASKARTINI
Ilustrasi surah Yasin. (Tribun Pontianak/Maskartini) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM -  Surah Yasin, biasanya dibaca umat Islam Indonesia pada malam Jumat. Sebenarnya maksud dari hadis tersebut tidak terpaku pada malam jumat saja tapi semua malam. 

Menurutnya, di sebuah hadis Nabi Muhammad dijelaskan siapa yang membaca Surah Yasin malam hari, maka subuhnya dosa-dosanya akan diampuni.

Menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video ceramahnya, Surah Yasin memiliki keistimewaan tersendiri.

“Di hadis itu tak dijelaskan membacanya harus malam apa. Cuma disebutkan di satu malam, berarti bisa malam apa saja. Bagus lagi kita baca tiap malam, kalau tak bisa juga minimal sepekan sekali lah tiap malam Jumat,” terangnya.

Keutamaan Surah Yasin

Surat Yasin biasa dibaca masyarakat muslim Indonesia saat acara-acara tertentu, misal saat ada selamatan keluarga dan pengajian.

Surat Yasin merupakan satu di antara surat di dalam kitab suci Alquran.

Berikut keutamaan membaca Surat Yasin:

1. Diampuni dosa-dosa

Fadhilah Surat Yasin yang pertama dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca Surat Yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

2. Dianggap mati syahid

Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

3. Mempermudah segala urusan

Membaca surat yasin juga dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah hutang piutang, pertikaian, dan sebagainya.

“Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hai, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

4. Mendapatkan ketenangan hati

Membaca Al-quran sama halnya dengan berdizikir. Dan seseorang yang memperbanyak dizikir maka hatinya akan tenang. Begitulah keutamaan orang-orang yang rajin membaca surat Yasin atau surat lainnya.

Allah Ta’ala berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
2286 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved