1 Desember BCA Blokir Kartu ATM Magnetik, Mesin CS Digital BCA Cetak Kartu ATM dalam Hitungan Menit

kartu Debit non chip akan otomatis terblokir dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi lagi

Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/MASKARTINI
BCA blokir kartu ATM magnetic mulai 1 Desember 2021. Nasabah Bank Diimbau Ganti ATM, Ini Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic Stripes. (Tribun Pontianak/Maskartini) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mengajak nasabahnya untuk segera menukarkan kartu debit atau kartu ATM berbasis strip magnetik menjadi kartu debit berbasis cip.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 17/52/DKSP, yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis cip pada akhir 2021.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan, terhitung tanggal 1 Desember 2021, bank dengan kode emiten BBCA itu akan memblokir penggunaan kartu ATM berbasis strip magnetik.

Jadwal pemblokiran itu lebih cepat dari jadwal sebelumnya yakni pada 1 Januari 2022.

“Bagi nasabah BCA yang belum melakukan penggantian kartu Debit non chip ke kartu debit chip, kami mengajak nasabah untuk segera melakukan penggantian, karena efektif per 1 Desember 2021, kartu Debit non chip akan otomatis terblokir dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi lagi,” ujar Hera kepada Kompas.com, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca juga: Nasabah Bank Diimbau Ganti ATM, Ini Perbedaan Kartu ATM Chip dan Magnetic Stripes

Lebih lanjut Hera mencatat, sampai dengan September 2021, dari 21,6 juta nasabah BCA, masih terdapat sekitar 13 persen di antaranya yang belum beralih ke kartu debit berbasis cip.

Bagi nasabah yang masih menggunakan kartu debit strip magnetik, dapat melakukan penukaran melalui dua cara, yakni dengan menghubungi Halo BCA atau melalui mesin CS Digital.

“Halo BCA dapat dihubungi dengan mudah melalui Halo BCA Apps atau melalui nomor 1500888,” kata Hera.

Sementara penukaran kartu debit berbasis magnetik melalui mesin CS Digital dapat dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut :

- Sentuh layar CS Digital

- Pilih menu kartu, kemudian cetak kartu

- Tap KTP elektronik

- Verifikasi sidik jari

- Input nomor rekening

- Pilih kartu instan

- Aktivasi PIN

- Mesin kemudian akan mengeluarkan kartu baru

Ini Mesin CS Digital BCA, Bisa Cetak Kartu ATM hingga Daftar E-Banking

Mesin customer service (CS) digital milik PT Bank Central Asia Tbk atau BCA ramai dibicarakan di jagat Twitter. Banyak orang yang baru mengetahui keberadaan mesin yang mampu mencetak kartu ATM tanpa bertemu petugas CS itu.

EVP Secreatriat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn mengatakan, mesin tersebut merupakan salah satu inovasi perseroan dalam menciptakan layanan perbankan yang lebih efisien dan dapat dimanfaatkan nasabah secara mandiri.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved