5 Fungsi Protein untuk Tubuh, Yuk Konsumsi 17 Makanan Ini

Protein memainkan peran penting dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah serta cairan tubuh lainnya

Editor: Maskartini
Tribun Makasar
Makanan sumber protein tinggi. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Protein terdiri dari asam amino yang bergabung hingga membentuk rantai panjang. Makanya protein sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Terdapat 20 asam amino yang membentuk ribuan protein berbeda di dalam tubuh. Sebagian besar pekerjaan protein dilakukan di dalam sel.

Salah satu fungsi protein adalah membantu pertumbuhan dan pemeliharaan. Selengkapnya, dilansir dari Healthline, berikut adalah fungsi protein untuk tubuh:

1. Protein membantu pertumbuhan dan pemeliharaan

Protein memiliki fungsi sebagai zat yang mebantu pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan. Namun, protein tubuh berada dalam keadaan pergantian yang konstan.

Dalam kondisi normal, tubuh memecah jumlah protein yang sama dengan yang digunakan untuk membangun serta memperbaiki jaringan.

Di lain waktu, tubuh memecah lebih banyak protein dibandingkan kebutuhan sehingga meningkatkan kebutuhan tubuh.

2. Protein menyebabkan reaksi biokimia

Enzim adalah protein yang membantu ribuan reaksi biokimia yang terjadi di dalam dan di luar sel.

Adapun fungsi tubuh yang bergantung pada enzim meliputi sistem pencernaan, produksi energi, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

Baca juga: Sumber Protein dan Baik untuk Kesehatan Tulang, Ini Manfaat Biji Wijen

3. Protein membawa pesan kimiawi

Beberapa protein adalah hormon yang merupakan pembawa pesan kimiawi yang membantu komunikasi antar sel, jaringan, dan organ tubuh.

Protein dan polipeptida membentuk sebagian besar hormon tubuh. Beberapa contohnya termasuk hormon insulin, glukagon, HGH, ADH, dan ACTH.

4. Protein menyediakan struktur

Beberapa protein berserat dan memberikan sel serta jaringan dengan kekakuan. Protein ini termasuk keratin, kolagen, dan elastin yang membentuk kerangka ikat struktur tertentu dalam tubuh.

Keratin adalah protein struktural yang ditemukan di kulit, rambut, dan kaki. Kolagen adalah protein struktural tulang, tendon, ligamen, dan kulit.

Terakhir, elastin memiliki fleksibilitas yang tinggi hingga memungkinkan jaringan tubuh kembali ke bentuk semula setelah meregang.

5. Protein mempertahankan pH

Protein memainkan peran penting dalam mengatur konsentrasi asam dan basa dalam darah serta cairan tubuh lainnya.

Keseimbangan antara asam dan basa diukur menggunakan skala oH. Salah satu cara tubuh mengatur pH adalah protein, contohnya adalah hemoglobin yang membantu menjaga nilai pH normal darah.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved