Rumput Punya Segudang Manfaat, Turunkan Berat Badan Hingga Perlambat Pertumbuhan Sel Kanker

seseorang yang mengonsumsi rumput laut bisa menurunkan masalah kolesterol sebesar 18 persen.

Editor: Maskartini
Tribunnews
Budidaya rumput laut. (Tribunnews) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Rumput laut (seaweed) merupakan bentuk ganggang yang tumbuh di laut dan memiliki variasi warna mulai dari hijau, cokelat hingga hitam.

Ada beberapa negara di kawasan Asia Timur yang diketahui paling sering mengkonsumsi rumput laut yakni Jepang, Korea dan China.

Rumput laut masuk dalam jenis bahan makanan yang sangat 'serbaguna' karena dapat digunakan pada banyak hidangan, termasuk sushi roll, sup, semur, salad, smoothie, hingga suplemen kesehatan dan kecantikan.

Biota laut satu ini menjadi sumber makanan bagi kehidupan di laut karena tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia.

Terlebih lagi, rumput laut juga sangat bergizi karena kaya akan nutrisi, sehingga anda disarankan untuk mengkonsumsinya, jika ingin memiliki tubuh yang sehat.

Baca juga: Obat Tradisional, Ini 4 Khasiat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Lalu apa manfaat yang ditawarkan rumput laut bagi kesehatan tubuh anda ?

Dikutip dari laman Healthline, Sabtu 28 Agustus 2021, rumput laut mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, termasuk yodium, zat besi dan kalsium.

Beberapa jenis tumbuhan ini bahkan dapat mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi.

Selain itu, rumput laut merupakan sumber lemak omega-3 yang baik.

Tumbuhan laut ini mengandung serat dan gula, yang keduanya dapat digunakan sebagai sumber makanan bagi bakteri di usus anda.

Serat ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan 'bakteri baik' dan menyehatkan usus.

Keunggulan lain yang akan anda peroleh jika mengkonsumsi rumput laut adalah dapat menurunkan berat badan karena mengandung sedikit kalori, serat pengisi dan fucoxanthin, yang berkontribusi pada peningkatan metabolisme.

Rumput laut pun dapat membantu mengurangi kolesterol, tekanan darah dan risiko pembekuan darah.

Fucoxanthin, alginat dan senyawa lain yang terkandung dalam rumput laut dapat membantu menurunkan kadar gula darah anda, sehingga dapat mengurangi risiko diabetes.

Studi dari Marine Drugs pun menghasilkan temuan bahwa rumput laut mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Begitu pula penelitian di Journal of Applied Phycology yang menunjukkan tumbuhan laut ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, zat besi, yodium serta antioksidan.

Rumput laut termasuk sebagai bahan makanan. Bahan ini sering ditemukan dalam masakan jepang, seperti sushi.

Apakah teman-teman suka makan rumput laut? Jika iya, yuk, cari tahu!

Selain enak, rumput laut ternyata mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, lo.

Nutrisi tersebut meliputi serat, mineral, dan beragam vitamin. Untuk mendapatkan nutrisi itu, teman-teman harus rajin mengonsumsinya

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved