Harus Dilindungi, Ini 6 Hewan Langka di Indonesia

tak sedikit hewan endemik Indonesia yang saat ini berstatus langka dan populasinya harus dilindungi dari kepunahan

Editor: Maskartini
Destriadi Yunas Jumasani
Orang Utan Kalimantan. (Destriadi Yunas Jumasani/Tribun Pontianak) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Indonesia memiliki kekayaan flora dan fauna. Indonesia memilik fauna endemik yang sangat beragam. Hewan endemik tersebut tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

Sayangnya, tak sedikit hewan endemik Indonesia yang saat ini berstatus langka dan populasinya harus dilindungi dari kepunahan.

Berikut adalah 6 hewan langka di Indonesia yang harus dilindungi agar tidak punah.

1. Orang utan

Dilansir World Wide Fund (WWF) Indonesia, terdapat tiga spesies orang utan yang hidup di Indonesia, yakni orang utan Sumatera, orang utan Kalimantan, dan orang utan Tapanuli.

Berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN), ketiga spesies orang utan tersebut berstatus kritis. Salah satu penyebabnya adalah rusaknya hutan sebagai habitat orang utan.

2. Harimau Sumatera

Spesies harimau Sumatera memiliki tubuh yang relatif kecil, jika dibandingkan dengan spesies harimau lainnya.

Sebagai satwa yang berstatus kritis dan dilindungi, populasi harimau Sumatera yang tersisa sekitar 400 ekor. Pasalnya, meski dilindungi secara hukum, populasi harimau Sumatera masih mengalami penurunan.

Baca juga: 3 Bunga Nasional yang Ada di Indonesia, Satu Diantaranya Bunga Puspa Langka

3. Badak Jawa

Badak Jawa merupakan salah satu jenis badak yang hidup di Indonesia dan saat ini berstatus kritis dengan tingkat kepunahan yang sangat tinggi.

Beberapa ancaman bagi populasi badak Jawa adalah rusaknya habitat akibat pembukaan lahan dan penebangan liar, perburuan cula badak, dan keragaman genetik badak Jawa yang sempit.

4. Burung cenderawasih

Memiliki tampilan yang sangat cantik, burung cenderawasih disebut sebagai burung dari surga.

Semua spesies burung cenderawasih, yang diduga berjumlah 30 jenis, dilindungi secara hukum. Oleh sebab itu, spesies burung cenderawasih tak boleh diburu, dibunuh, atau diperdagangkan.

5. Komodo

Komodo adalah spesies purba dan langka yang hampir punah. Reptil besar ini hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo.

Sejak tahun 1986, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO karena keunikan dan kelangkaan komodo.

6. Owa Jawa

Owa Jawa merupakan hewan arboreal, yakni hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di atas pohon.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved