Tips Agar Ikan Cupang Panjang Umur, Ini Mitos dan Fakta Seputar Cupang yang Populer di Dunia

Ikan cupang memiliki organ khusus yang memungkinkan mereka untuk menghirup udara dari atas permukaan air dan bertahan untuk sementara

Editor: Maskartini
Rizky Prabowo
Kecantikan ikan cupang 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Ikan cupang atau beta fish Ikan cupang adalah salah satu ikan hias paling populer di dunia, karena pesona warna dan ekornya yang indah. Sayangnya, ikan ini tak berumur panjang yakni hanya 2-5 tahun saja.

Untuk itu, ikan cupang harus dijaga agar bisa mencapai umur maksimalnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menciptakan lingkunan yang baik yang diperlukan oleh ikan dan yang harus dicocokkan dengan kondisi alamiahnya di alam bebas.

Sebagian besar ikan akuarium berasal dari daerah tropis hangat dengan air yang mengalir, sehingga memerlukan akuarium aerasi dengan kualitas air yang baik dan suhu berkisar antara 22 hingga 27 derajat C.

Ikan cupang sendiri merupakan ikan yang spesial, karena ia bisa bernapas dengan udara. Karena itulah ikan cupang bahkan bisa hidup di mangkuk atau toples kecil tanpa memerlukan filter udara ataupun aerasi.

Meski demikian, ikan cupang tetap membutuhkan kualitas air yang baik dan suhu air yang hangat. Sayangnya, menyediakan lingkungan seperti itu dalam mangkuk kecil agak sulit.

Ikan cupang pun relatif mudah dirawat, sehingga menjadi favorit banyak orang di dunia, karena cocok dipelihara di akuarium yang tidak terlalu besar.

Namun demikian, sayangnya ikan cupang juga merupakan salah satu ikan yang paling dieksploitasi.

Berbagai macam gimik pemasaran dan kesimpangsiuran informasi memicu banyaknya mitos dan salah kaprah mengenai ikan ini.

Nah, berikut ada beberapa mitos tentang ikan cupang yang kerap kita dengar. Apa saja? Dilansir dari Pet Helpful, Rabu 13 Januari 2021, berikut beberapa di antaranya.

1. Ikan cupang lebih suka akuarium kecil

Faktanya, akuarium yang kecil akan lebih cepat terpolusi dan menjadi lingkungan yang buruk bagi ikan cupang atau ikan lainnya.

Akuarium kecil dengan perawatan yang buruk akan berdampak pada stres, penyakit, dan kematian dini pada ikan.

Ikan cupang memiliki kemampuan yang lebih baik daripada kebanyakan ikan lainnya untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang buruk. Itu karena ikan cupang adalah anabantid.

Ikan cupang memiliki organ khusus yang memungkinkan mereka untuk menghirup udara dari atas permukaan air dan bertahan untuk sementara waktu di genangan berlumpur rendah oksigen di alam liar.

Ini bukan cara yang ideal bagi ikan cupang untuk hidup. Kemampuan ini merupakan adaptasi evolusioner yang berfungsi untuk membawa mereka melewati kekeringan di habitat liar mereka di Asia Tenggara.

Disarankan untuk memelihara ikan cupang pada akuarium berkapasitas minimal 15 liter. Sama seperti ikan lainnya, ikan cupang membutuhkan ruang untuk berenang, ruang untuk tanaman dan dekorasi, dan tempat bersembunyi agar mereka merasa aman.

Pilih akuarium dengan ukuran yang tepat sehingga Anda dapat memberikan semua elemen yang diperlukan ikan cupang Anda.

2. Ikan cupang tidak membutuhkan filter

Tidak memasang filter di akuarium ikan cupang adalah salah satu kesalahan besar. Banyak yang beranggapan ikan cupang bisa hidup di akuarium tanpa filter layaknya ikan mas koki.

Ikan cupang adalah ikan tropis. Artinya, mereka dapat hidup dengan baik pada suhu antara kisaran 24 hingga 27,2 derajat celsius, adapun idealnya adalah 25,5 derajat celsius.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
2090 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved