9 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Merencanakan Kehamilan

Penggunaan obat atau suplemen memiliki peringatan bagi wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil,

Editor: Maskartini
Tribunnews.com
Alat tes kehamilan. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Kehamilan menjadi sesuatu yang dinanti-nanti banyak orang. Menyiapkan diri menjadi orangtua sebenarnya sudah dimulai jauh sebelum kita mengetahui bahwa kita benar-benar hamil.

Sebelum merencanakan kehamilan, kita juga harus mulai mempersiapkan kesehatan, anggaran, dan segalanya yang berhubungan dengan kehidupan bayi kelak.

Nah, untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam merencanakan kehamilan, mari simak 9 hal penting yang dilansir dari laman What To Expect berikut ini.

1. Menjaga kebiasaan hidup sehat

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga saat sedang merencanakan kehamilan adalah salah satu hal yang paling penting.

Penelitian menunjukkan program olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit sehari latihan aerobik, latihan kekuatan, peregangan, atau apa pun yang membuat jantung berdebar dapat meningkatkan kesuburan.

Terlebih lagi, olahraga melepaskan endorfin yang membuat kita merasa nyaman dapat membantu upaya program hamil menjadi lebih rileks dan produktif.

Hanya saja, jangan dilakukan secara berlebihan, karena olahraga berat yang teratur dan berkepanjangan dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi maupun konsepsi, terutama jika mengurangi terlalu banyak lemak tubuh.

Selain itu, jaga agar asupan kafein tidak berlebihan. Beberapa penelitian mengaitkan terlalu banyak konsumsi kafein dengan tingkat kesuburan yang lebih rendah dan peningkatan risiko keguguran.

Jadi, batasi asupan kafein tidak lebih dari 200 miligram per hari. Itu setara dengan total harian sekitar dua cangkir kecil kopi yang diseduh.

2. Berhenti merokok

Merokok saat hamil tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri, tetapi juga berbahaya janin di dalam kandungan yang sedang berkembang. Tak hanya itu, merokok dapat menghambat upaya kita untuk hamil.

Beberapa penelitian telah menemukan, wanita yang berhenti merokok sebelum merencanakan program kehamilan memiliki peluang yang lebih besar untuk hamil.

Bahkan, menurut American Society for Reproductive Medicine, banyak penurunan kesuburan yang terkait dengan merokok dapat dihindari setelah satu tahun berhenti merokok.

3. Meminimalkan stres sebelum pembuahan

Terlalu banyak kekhawatiran mungkin akan benar-benar menghambat rencana kehamilan kita.

Stres juga dapat menunda ovulasi dan meningkatkan frekuensi kontraksi rahim, yang dapat mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim.

Oleh karena itu, temukan teknik manajemen stres yang kita sukai dan dapat dimasukkan ke dalam rutinitas sehari-hari secara teratur.

Baca juga: DAFTAR Makanan Kaya Nutrisi yang Baik di Konsumsi Ibu Hamil

4. Meninjau obat-obatan yang digunakan

Beberapa obat resep, obat bebas, obat herbal, dan bahkan suplemen tidak hanya berpengaruh pada kehamilan atau janin yang sedang berkembang, tetapi juga pada kesuburan dan prakonsepsi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved