Sering Buang Air Kecil Tengah Malam, Waspada Gangguan Nocturia

keinginan pipis atau buang kecil di tengah malam ini jangan disepelekan. Karena bisa jadi itu adalah tanda dari beberapa penyakit

Editor: Maskartini
spectrelabs
Ilustrasi tidur malam hari. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pernahkah merasa ingin buang air kecil yang tak tertahankan. Selain bisa dikarenakan minum berlebihan saat malam hari, bisa jadi kamu menderita gangguan nocturia.

Nocturia adalah keinginan buang air kecil yang terjadi tengah malam di sela-sela waktu tidur.

Ketika fase tidur sudah memasuki tidur nyenyak, alarm kandung kemih berbunyi nyaring. Akibatnya mau tak mau Anda harus bangkit dari kasur untuk menunaikan hajat kecil, menuju kamar mandi.

Nocturia atau kebiasaan sering terbangun karena keinginan pipis atau buang kecil di tengah malam ini jangan disepelekan. Karena bisa jadi itu adalah tanda dari beberapa penyakit yang tidak sederhana.

Dilansir dari Menshealth, frekuensi dari berkemih lah yang membedakan itu alarm dari sebuah penyakit yang berbahaya ataukah hanya sistem metabolisme tubuh yang alami saja.

Baca juga: 7 Fakta Seputar Buang Air Besar, Benarkah Sulit BAB Saat Liburan

Berbagai penyebab nocturia
Nocturia disebabkan karena kandung kemih tak bisa menahan jumlah urin. Hal ini bisa karena produksi urin meningkat di malam hari lantaran Anda mengonsumsi air atau minuman terlalu banyak.

Tapi jika terjadi setiap hari, atau jika nocturia membuat aktivitas siang hari Anda jadi terganggu karena kurangnya jam tidur, maka bisa jadi itu adalah gejala dari berbagai penyakit.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan nocturia:

1. Tekanan darah tinggi

Berdasarkan studi tahun 2009, ditemukan bahwa orang-orang yang terbangun tengah malam untuk pipis setidaknya sekali, 40 persennya memiliki tekanan darah tinggi.

Meski ini bukan penemuan pasti, namun bisa menjadi peringatan bagi Anda yang sering terbangun tengah malam untuk berkemih.

Jika Anda memiliki riwayat genetik tekanan darah tinggi, atau Anda memiliki faktor pemicu tekanan darah tinggi, maka segera lah berkonsultasi ke medis.

2. Gangguan tidur

Bisa saja yang melatarbelakangi nocturia yang Anda alami adalah penyakit gangguan tidur.

Jadi Anda ke kamar mandi bukan karena kandung kemih sudah penuh, namun karena mata susah memejam dan Anda tergerak untuk terus ke kamar mandi.

Selain insomnia, Anda bisa pula mengidap sleep apnea. Ketika napas Anda terhenti beberapa detik, sudah barang pasti Anda akan terbangun.

Nah ketika mata membuka ini lah, lantas timbul keinginan untuk melangkah ke kamar mandi.

3. Imbas dari mengonsumsi obat

Beberapa obat-obatan kimia, seperti obat untuk menangani edema dan tekanan darah tinggi, memiliki efek diuretik.

Sehingga jika Anda rutin mengonsumsi obat-obatan tersebut, risiko terjadi nocturia sangatlah besar.

Baca juga: Penyebab Mengompol Pada Anak Usia Diatas 5 Tahun dan Cara Mengatasinya

Sumber: Kompas.com

Halaman selanjutnya

4. Diabetes

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved