Ini Alasan Mengapa Kucing Suka Memanjat?

ada kemungkinan besar mereka akan menghabiskan banyak waktu memanjat untuk mencari makanan.

Editor: Maskartini
Instagram/lalalalisa_m
Lisa bersama kucingnya bernama leo. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Memanjat ke tempat yang lebih tinggi menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh kucing.

Pastinya Anda sering melihat kucing berada di atas atap atau di tempat tinggi lainnya, dan hal ini memiliki alasan tersendiri.

Melansir dari Cuteness, Sabtu 11 September 2021, insting sangat berkaitan dengan mengapa kucing menyukai tempat yang tinggi.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi nenek moyang kucing yang disebut Proailurus dari fosil yang ditemukan dari periode Oligosen.

Proailurus, yang berarti "kucing awal", hidup sekitar 25 juta hingga 20 juta tahun yang lalu. Kucing ini adalah karnivora, seperti kucing modern.

Baca juga: 10 Alasan Kucing Memakan Anaknya

Fosil memberitahu bahwa Proailurus panjangnya sekitar dua kaki dan beratnya sekitar 10 kilogram, yang akan membuatnya hanya sedikit lebih besar dari kucing hari ini.

Proailurus memiliki ekor yang panjang dan cakar yang dapat ditarik. Kedua karakteristik fisik ini membuatnya lebih baik dalam mendaki.

Ekor panjang memberikan keseimbangan dan cakar membantunya menempel pada pemangsa, pohon, dan cabangnya.

Proailurus mungkin mengintai mangsanya dari cabang pohon atau lokasi lain yang lebih tinggi.

Kucing modern suka hinggap di tempat tinggi karena mereka lebih mudah melihat burung, tikus, dan hewan kecil lainnya yang akan menjadi sumber makanan utama mereka jika mereka hidup di alam liar.

Bagaimana memberi kucing ruang vertikal untuk memanjat?

Jika seekor kucing tinggal di luar di alam liar, ada kemungkinan besar mereka akan menghabiskan banyak waktu memanjat untuk mencari makanan.

Jadi, jika Anda memiliki anak kucing yang memanjat Anda, jangan terlalu terkejut.

Untuk memuaskan keinginan ini pada kucing modern, Anda dapat memberi kucing Anda ruang vertikal untuk memanjat seperti pohon kucing, rak kucing, dan peralatan buatan sendiri lainnya yang dapat memberi kucing ruang vertikal dalam ruangan untuk didaki.

Menyediakan tempat untuk kucing memanjat bisa sesederhana menumpuk beberapa potongan kayu yang dilapisi karpet, atau kotak dengan lubang tempat mereka bisa masuk dan keluar.

Jika Anda memiliki langkan jendela yang tinggi, sediakan sesuatu yang bisa digunakan kucing Anda untuk melompat ke atasnya.

Baca juga: 11 Tips Mudah Rawat Kucing Kesayangan dari Pakar IPB

Ketika kucing dalam ruangan bisa memanjat kapan pun mereka mau, itu tidak hanya memuaskan naluri berburu kuno ini, tetapi juga membantu mereka membakar energi.

Ini mungkin berarti mereka tidak akan memanjat tirai Anda atau membangunkan Anda di tengah malam jika mereka bosan.

Kucing juga bisa menjadi depresi, dan memiliki ruang vertikal dalam ruangan dapat membantu mencegah hal ini.

Meskipun menjalani kehidupan di dalam rumah terlihat jauh lebih aman dan sehat daripada kucing yang tinggal di luar, itu berarti mereka kehilangan banyak pemandangan, dan aktivitas yang akan mereka nikmati jika mereka berada di luar.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
2075 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved