Ada di Rumah, Ini 6 Obat Herbal Untuk Keputihan

jika jumlahnya banyak, berubah warna, gatal hingga berbau tidak sedap, ini menandakan ada yang tidak normal

Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
Tribun Travel
Kimchi. (Tribuntravel) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Keputihan seringkali kali dialami oleh wanita. Sebenarnya keluarnya cairan dari vagina adalah normal jika warnanya bening hingga sedikit putih.

Namun jika jumlahnya banyak, berubah warna, gatal hingga berbau tidak sedap, ini menandakan ada yang tidak normal.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa obat herbal keputihan.

Baca juga: Waspada, 7 Tanda Keputihan Tidak Sehat

Baking soda
Baking soda atau soda kue memiliki potensi untuk membunuh jamur. Sebuah penelitian tahun 2014, membuktikan bahwa soda kue ampuh membunuh jamur Candida. Jamur Candida adalah salah satu penyebab keputihan pada vagina.

Selain itu, larutan soda kue juga terbukti ampuh meredakan rasa gatal pada pasien eksim. The National Eczema Foundation merekomendasikan untuk mencampur seperempat cangkir soda kue ke dalam air mandi Anda.

Apple cider vinegar
Apple cider vinegar atau cuka apel bisa meredakan keputihan akibat infeksi jamur. Sayangnya, belum ada cukup penelitian untuk membuktikan efek ini serta apa saja efek sampingnya.

Suplemen probiotik
Bakteri penting untuk menjaga keseimbangan di vagina. Probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam vagina. Anda bisa mengonsumsi probiotik tersebut dengan membelinya di apotek.

Minyak kelapa
Sebuah studi yang dipublikasikan di Hindawi menyebutkan bahwa minyak kelapa mampu membunuh jamur Candida albicans. Sehingga berpotensi untuk menyembuhkan keputihan. Namun, efektivitasnya pada manusia belum diuji coba.

Makanan probiotik
Makanan yang kaya akan probiotik tidak hanya bisa menyehatkan bakteri di saluran pencernaan, namun juga di vagina. Contoh makanan kaya probiotik yang bisa Anda konsumsi antara lain yogurt, kimchi, kombucha, dan miso.

Daun sirih
Ini adalah obat herbal keputihan yang paling terkenal di Indonesia. Anda bisa membasuh vagina dengan air rebusan sirih atau menggunakan produk yang mengandung ekstrak daun sirih. Daun sirih terbukti secara ilmiah bisa mengurangi keputihan.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved