Belum Vaksin? Ini Tips Melindungi Diri Menurut Ahli

ketersediaan vaksin di Indonesia masih sangat terbatas. Sedangkan kasus harian makin meningkat

Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/MASKARTINI
Ilustrasi memakai masker. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Vaksin terbukti mampu menurunkan angka kematian serta meringankan gejala yang diderita pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Namun, ketersediaan vaksin di Indonesia masih sangat terbatas. Sedangkan kasus harian makin meningkat.

Bagi orang yang telah mendapatkan vaksin, baik satu dosis maupun dosis lengkap, mungkin bisa sedikit lega karena tubuhnya sudah memiliki antibodi jika berhadapan dengan virus ini.

Namun, bagaimana dengan masyarakat yang belum kebagian dosis vaksin?

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) berikut adalah pedoman perlindungan diri bagi orang yang belum divaksin.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Vaksin Covid-19

Memakai masker
Setiap orang berusia di atas 2 tahun wajib menggunakan masker di tempat umum. Masker harus selalu digunakan ketika Anda bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah dengan Anda.

Gunakan masker dengan sebaik mungkin agar tidak ada celah untuk virus masuk.

Pedoman terbaru menyebutkan jika rekomendasi masker yang paling baik untuk masyarakat umum adalah menggunakan dua lapis masker, yaitu masker medis pada lapisan dalam serta masker kain pada bagian luar.

Selain itu, biasakan menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap akan memakai masker.

Jika ada orang di rumah Anda yang menunjukkan gejala Covid, segera gunakan masker untuk mencegah penyebaran virus kepada keluarga yang tinggal serumah.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved