Tips Merawat Bunga Mawar Agar Rajin Berbunga

agar tanaman mawar rajin berbunga dan bunganya besar sehingga tampak cantik serta menarik dipandang

Editor: Maskartini
Facebook
Bunga mawar dengan berbagai warna dijual di marketplace. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bunga mawar merupakan salah satu bunga yang paling disukai banyak orang. Namun tak semua yang memiliki bunga mawar memiliki bunga yang indah.

Memiliki tanaman bunga mawar yang rajin berbunga dan bunganya besar merupakan hal yang diinginkan setiap pemiliknya.

Namun, hal itu tidak bisa diperoleh begitu saja. Ada beragam cara yang perlu dilakukan agar tanaman mawar rajin berbunga dan bunganya besar sehingga tampak cantik serta menarik dipandang.

Dikutip dari kanal YouTube Pengangguran Senior, Selasa 10 Agustus 2021, berikut ini cara merawat tanaman mawar agar rajin berbunga dan bunganya besar.

Beri cahaya matahari
Tanaman mawar harus mendapat cahaya matahari yang cukup agar proses fotosintesisnya berlangsung baik. Jadi, pastikan kebutuhan cahaya matahari bisa didapat tanaman mawar sepanjang hari.

Baca juga: 3 Bunga Nasional yang Ada di Indonesia, Satu Diantaranya Bunga Puspa Langka

Beri pupuk yang sesuai
Cara lainnya membuat mawar rajin berbunga adalah memberi pupuk yang sesuai dengan kebutuhannya. Pupuk yang paling baik untuk mawar adalah pupuk kandang atau pupuk alami yang dihasilkan dari kotoran hewan.

Akan tetapi, jika sulit mendapatkan pupuk jenis tersebut, gunakan pupuk NPK atau pupuk kimia yang mengandung unsur hara utama, yakni nitrogen, fosfor, dan kalium.

Meski begitu, penggunaan pupuk NPK tidak boleh terlalu sering dan terlalu banyak. Sebab, jika berlebihan, dapat membuat tanaman mawar menjadi kering atau gosong, yang pada akhirnya mati.

Siram secara teratur
Ketika cuaca sedang panas, penyiraman tanaman mawar harus dilakukan sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi dan sore. Namun, apabila cuaca tidak panas, cukup siram sekali saja dalam sehari setiap pagi hari.

Jika bunga mawar disimpan pada tempat yang mengadaptasi konsep rumah kaca, semisal di bawah naungan kanopi, siram setiap dua hari sekali apabila sedang musim hujan.

Baca juga: 6 Bunga yang Memiliki Khasiat Untuk Tubuh, Ada di Sekitar Kita

Semprot daun dan bunga mawar setelah hujan
Jika kondisi cuaca hujan setiap hari, terlebih tanaman mawar terkena langsung air hujan, disarankan segera menyemprot daun serta bunganya dengan air biasa setelah hujan reda.

Hal ini penting dilakukan karena air hujan bersifat agak keras untuk tanaman bunga mawar.

Namun bila musim hujan berlangsung, kamu perlu rutin menyemprotkan pestisida agar mawar tahan terhadap guyuran hujan yang biasanya mengakibatkan bunga mawar rusak.

Beri insektisida atau fungisida
Tanaman mawar yang terserang hama membuatnya pertumbuhannya menjadi terhambat, bahkan membuat tanaman mati. Karena itu, beri insektisida atau fungisida agar tanaman mawar tidak terserang hama.

Penyemprotan insektisida atau fungisida perlu dilakukan minimal sebulan sekali dan maksimal dua minggu sekali saat musim kemarau.

Jangan lupa juga selalu membersihkan gulma atau tanaman liar yang tumbuh pada media tanam bunga mawar.

Potong tangkai mawar
Memotong tangkai atau batang mawar adalah cara merawat tanaman mawar agar rajin berbunga dan mendapat bunga yang besar.

Pemotongan tangkai mawar bertujuan merangsang pertumbuhan tunas baru. Tunas baru akan tumbuh lebih baik dan menghasilkan bunga yang lebih baik pula.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 6 Cara Merawat Tanaman Mawar agar Rajin Berbunga

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved