Murah Meriah, Ini Kandungan Gizi Sayur Bayam

Mengonsumsi bayam dapat meningkatkan kesehatan mata, menurunkan stres oksidatif, mengurangi tekanan darah tinggi

Editor: Maskartini
Tribunnews.com
Ilustrasi sayur mayur. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang dianggap sangat sehat karena sarat akan nutrisi dan antioksidan.

Mengonsumsi bayam dapat meningkatkan kesehatan mata, menurunkan stres oksidatif, mengurangi tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Dilansir dari Healthline, bayam mentah sebanyak 100 gram mengandung 23 kalori, 91 persen air, 2,9 gram protein, 3,6 karbohidrat, 0,4 gram gula, 2,2 gram serat, dan 0,4 gram lemak.

Baca juga: Kaya Serat, Ini Kandungan Gizi Sayur Bayam

Karbohidrat

Karbohidrat dalam bayam sebagian besarnya adalah serat yang sangat sehat. Bayam juga mengandung sejumlah kecil gula yang sebagian besarnya adalah glukosa dan fruktosa.

Serat

Bayam kaya akan serat tidak larut yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan khususnya bagi sistem pencernaan. Ini dapat membantu mencegah sembelit.

Vitamin dan mineral

Bayam merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, temasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K1, vitamin B9 atau folat, zat besi, kalsium, potasium, magnesium, vitamin B6 dan vitamin E.

1. Vitamin A: Bayam kaya akan karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A.

2. Vitamin C: Vitamin ini merupakan antioksida kuat yang meningkatkan kesehatan dan menguatkan kekebalan tubuh.

3. Vitamin K1: Vitamin ini sangat penting untuk pembekuan darah. Satu daun bayam mengandung lebih dari setengah kebutuhan harian akan vitamin K1.

4. Asam folat: Asam folat atau vitamin B9 merupakan senyawa yang sangat penting untuk wanita hamil agar fungsi sel normal dan pertumbuhan jaringan yang baik.

5. Zat besi: Bayam merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi ini membantu memproduksi hemoglobin yang membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Baca juga: 8 Buah dan Sayur yang Tidak Boleh Diproses dengan Juicer

6. Kalsium: Mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan molekul sinyal penting untuk sistem saraf, jantung, dan otot.

Selain mengandung berbagai nutrisi tersebut, bayam juga mengandung senyawa tanaman penting, yakni lutein, kaempferol, nitrat, kuersetin, dan zeaxanthin.

Lutein dan zeaxanthin merupakan senyawa yang terkait dengan kesehatan mata. Kaempferol merupakan antioksidan yang menurunkan risiko kanker dan penyakit kronis.

Sementara itu, nitrat dalam bayam berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kuersetin bekerja menangkal infeksi dan peradangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kandungan Gizi Bayam, Sayuran Hijau yang Sangat Menyehatkan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved