Tips Kembalikan Nafsu Makan Pada Anak yang Positif Covid-19 dan Menderita Anosmia

saat anosmia dan ageusia terjadi, seringkali rasa dan bau makanan akan berubah, atau bahkan anak tidak bisa merasakan atau mencium bau makanan

Editor: Maskartini
Tribun Pontianak
Ilustrasi virus Corona. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Virus corona penyebab Covid-19 bukan hanya menginfeksi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Apalagi, setelah merebaknya virus corona varian Delta.

Sama seperti pada orang dewasa, infeksi Covid-19 pada anak juga bisa menyebabkan anosmia (kehilangan kemampuan untuk mencium bau) dan ageusia (kehilangan kemampuan untuk mengecap).

Namun, masalahnya anak-anak terutama yang masih kecil, tentu saja belum dapat mendeskripsikan apa yang dirasakannya dengan jelas.

Dokter Spesialis Anak dr. Cynthia Rindang Kusumaningtyas, Sp.A mengatakan, saat anosmia dan ageusia terjadi, seringkali rasa dan bau makanan akan berubah, atau bahkan anak tidak bisa merasakan atau mencium bau makanan sama sekali, yang tentunya akan berpengaruh besar pada nafsu makan anak.

Baca juga: Terinfeksi Covid-19, Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Sembuh

Pada kondisi seperti ini, menurut dr Cynthia, peran orangtua sangat besar dalam memastikan asupan anak tetap baik. Karena, selama anak sakit, kebutuhan makro dan mikronutrien harus tetap dipenuhi untuk melawan infeksi yang terjadi.

“Ketelatenan dalam pemberian asupan menjadi kunci penting. Orangtua dapat menawarkan pada anak berbagai macam makanan dan kudapan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering,” kata dr Cynthia.

Baca juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Sebelum Vaksin Covid-19

Sediakan makanan yang berkalori tinggi, sehingga walau jumlah makanan yang masuk tidak banyak, tetap dapat memenuhi kebutuhan harian anak.

“Bisa juga dengan membentuk makanan yang menarik dan siapkan makanan favorit anak. Jangan lupa untuk mengajak anak bicara, agar ia dapat mengingat pengalaman menyenangkan saat mengonsumsi makanan tersebut,” saran dokter yang praktik di RS Pondok Indah, Puri Indah ini.

Pemberian multivitamin yang sesuai dengan usia anak, sementara dapat dilakukan selama anak sulit makan, untuk menjamin asupan mikronutrien tetap optimal.

Pada anak yang berusia lebih besar, dr Cynthia merekomendasikan untuk melakukan latihan penciuman menggunakan bahan-bahan yang sudah biasa dikenali anak, seperti jeruk, lemon, peppermint, minyak kayu putih, atau bahan-bahan lain yang beraroma kuat sebanyak 2 kali per hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Anak Positif Covid-19 dan Menderita Anosmia, Begini Cara agar Anak Mau Makan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved