Faktor Tumbuhnya Uban, Ternyata Bukan Hanya Faktor Umur

Kapan rambut akan seluruhnya beruban bisa diprediksi dari kapan hal tersebut juga terjadi pada keluarga

Editor: Maskartini
Tribun Pontianak/Instagram Hasyim
Rambut uban. Faktor Tumbuhnya Uban, Bukan Hanya Faktor Umur 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Rambut putih atau uban pada rambut seringkali dikaitkan dengan faktor usia. Faktanya, terdapat faktor lain yang juga bisa memengaruhi munculnya uban.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, Senin 2 Agustus 2021, uban bukan terjadi karena adanya perubahan warna rambut.

Warna rambut dihasilkan oleh folikel yang tidak memungkinkan warnanya berubah kecuali diwarnai.

Namun seiring bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan sedikit pigmen atau melanin rambut.

Sehingga ketika rambut memasuki masa regenerasi yang biasanya dialami manusia pada usia di atas 35 tahun, memungkinkan rambut akan tumbuh dengan warna abu-abu.

Lantas, apa pengaruh stres yang kerap dikaitkan dengan uban?

Stres dapat memicu kondisi umum yang disebut sebagai telogen effluvium. Kondisi ini dapat menyebabkkan rambut rontok tiga kali lebih cepat dari biasanya.

Pada paruh baya ketika rambut rontok dan beregenerasi lebih cepat akibat stres, terdapat kemungkinan rambut yang tumbuh sudah kehilangan pigmen dan menjadi beruban.

Baca juga: 3 Gaya Rambut Pria yang Eksis Sepanjang Masa

Uban juga bisa terjadi pada usia yang sangat muda. Hal ini bisa disebabkan karena adanya masalah kesehatan seperti kekurangan vitamin B-12 dan beberapa penyakit serius lainnya.

Namun, yang paling berpengaruh pada munculnya uban adalah faktor genetik orangtua. Kapan rambut akan seluruhnya beruban bisa diprediksi dari kapan hal tersebut juga terjadi pada keluarga.

Dilansir dari Healthline, Senin 2 Agustus 2021, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut beruban.

Mengatur pola makan bisa menjadi solusi yang pertama. Kurangnya nutrisi dalam tubuh dalam menyebabkan uban cepat tumbuh.

Menurut penelitian, feritin, kalsium dan vitamin D-3 yang rendah akan memengaruhi tumbuhnya uban.

Solusi yang kedua adalah dengan berhenti merokok. Sebuah studi di tahun 2013 mengatakan rokok secara signifikan berpengaruh pada bertumbuhan uban sebelum usia 30 tahun.

Paparan asap rokok bahkan berpengaruh pada perokok pasif. Melakukan konsultasi dengan dokter bisa menjadi solusi apabila merasa kesulitan untuk berhenti dari rokok.

Selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi kenari, ikan dan zinc yang dapat menambah pigmen pada folikel rambut.

Ahli Nutrisi untuk Maple Holistics Caleb Backe menambahkan, dengan mengkonsumsi ikan, biji-bijian dan sayuran hijau dapat menjadi sumber omega-3 dan zinc yang sangat penting untuk memperkuat kesehatan rambut dan mengembalikan warnanya.

Vitamin B-12 dan B-6 dijelaskan telah terbukti dapat mengurangi terjadinya uban dan dapat ditemukan pada ayam dan pada suplemen vitamin B bagi yang tidak mengkonsumsi ayam.

"Pastikan untuk menyeimbangkan sisa makanan Anda dengan banyak serat, sayuran hijau, dan banyak air" jelas Backe.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Bukan Cuma Faktor Umur, Ini Alasan Rambut Memutih dan Beruban

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved