Cat Dinding Kusam dan Mengelupas, Ini Cara Mengatasinya

cat dinding yang kusam dan mengelupas dapat membuat dinding jadi tidak menarik.

Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/MASKARTINI
Salah satu perumahan yang dibangun Mansur di Kubu Raya. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Banyak faktor yang membuat bangunan tampak indah dan menawan, satu diantaranya adalah warna atau cat dinding.

Oleh karena itu, cat dinding yang kusam dan mengelupas dapat membuat dinding jadi tidak menarik.

Untuk mengatasinya, dilansir dari Kompas.com, Selasa 10 Agustus 2021, mengecat ulang dinding merupakan pilihan terbaik untuk memperbaikinya.

Berikut ini langkah memperbaiki cat dinding yang mengelupas.

Lindungi area dengan seloptip 

Letakkan kain lap untuk menutupi lantai di bawah dinding. Oleskan selotip di sekitar pintu dan jendela dan di atas alas tiang untuk melindungi area ini dari cat.

Baca juga: Percantik Tampilan 7 Bagian Rumah dengan Rumput Sintetis, Balkon Hingga Dek Rumah

Kikis cat yang mengelupas 

Selanjutnya, kikis sebanyak mungkin cat yang terkelupas menggunakan pengikis cat terlebih dahulu, lalu sikat menggunakan kawat. 

Perbaiki retakan 

Perbaiki lubang atau retakan di dinding menggunakan penambal tembok. Kemudian, oleskan penambal tembok dengan pisau dempul dan ratakan dalam lapisan tipis untuk mengisi area ini di sepanjang dinding dan biarkan penambal benar-benar mengering.  

Ampelas dinding

Ampelas permukaan dinding yang mengelupas untuk membuatnya halus dan rata dengan dinding di sekitarnya sebelum menerapkan primer.

Setelah itu, bersihkan dinding dengan kain untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Baca juga: Wujudkan Dekorasi Kamar Tidur Bernuansa Modern Minimalis, Ikuti 10 Langkah Ini

Oleskan primer 

Selanjutnya, mengoleskan primer ke dinding untuk menutup dinding dan mencegah masalah kelembapan. Gunakan kuas cat untuk mengecat sekeliling dinding, lalu lanjutkan menggunakan rol cat.

Biarkan primer mengering sesuai dengan waktu pengeringan yang direkomendasikan pada kaleng cat. 

Oleskan cat lateks 

Oleskan cat lateks dengan cara yang sama seperti primer. Oleskan secara merata dan biarkan cat mengering, kemudian oleskan lapisan kedua kembali,

Setelah itu, lepaskan selotip setelah proses mengecat ulang selesai. Untuk mencegah cat mengelupas kembali, jaga kelembapan interior ruangan di bawah 50 persen.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Simak, Langkah Memperbaiki Cat Dinding yang Mengelupas https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/10/141500676/simak-langkah-memperbaiki-cat-dinding-yang-mengelupas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved