Apa Fungsi Batu dan Kerikil Didalam Pot Tanaman Hias?

Merawat tanaman hias di dalam pot memiliki sejumlah manfaat, mulai dari menghemat tempat

Editor: Maskartini
Maudy
Trend Tanaman 2021 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Merawat tanaman hias di dalam pot memiliki sejumlah manfaat, mulai dari menghemat tempat, hingga membantu pemula menumbuhkan berbagai bunga di luar maupun di dalam ruangan.

Akan tetapi, melansir dari Martha Stewart, Senin 12 Juli 2021, untuk menumbuhkannya, Anda memerlukan wadah dan tanah yang bagus untuk memulai.

Selain campuran tanah seperti lumut gambut, vermikulit, dan perlit, dianjurkan untuk meletakkan kerikil atau batu di dalam potnya.

Namun, bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk memberi manfaat bagi tanaman Anda? Di sini, para ahli menjelaskan cara menggunakan batu saat merawat taman pot Anda.

Baca juga: Percantik Ruangan dengan 7 Tanaman Hias Berdaun Putih Berikut

1. Tambahkan keindahan dengan batu
"Batu sangat bagus bila digunakan sebagai aksen dekoratif di bagian atas tanah dalam pot taman," kata Stephanie Rose, seorang penulis, ahli kebun, perancang permakultur, ahli herbal, dan pendiri Garden Therapy.

Selain itu, menggunakan batu, kerikil, atau lapisan atas kulit kayu dan pasir di atas kompos kosong dapat menciptakan hasil akhir yang bersih dan segar untuk pot taman Anda.

“Batu apa saja bisa digunakan asalkan dicuci bersih dan bebas dari penyakit atau hama yang bisa menular ke tanaman,” tambah Rose.

Batu yang lebih besar dapat disemprot di kebun sementara yang lebih kecil dapat dicuci di ember atau wastafel dengan sabun cuci piring yang dapat terurai.

2. Mencegah lalat
Jika Anda terus-menerus bertarung dengan lalat, Rose merekomendasikan untuk menggunakan batu sebagai cara untuk mengendalikannya.

"Taburkan tanah dengan campuran pasir halus dan batu hias untuk mencegah agas jamur (yang menyerupai lalat buah kecil) bertelur di tanah," kata Rose.

Sementara, pada tanaman pot luar ruangan, batu dapat digunakan sebagai mulsa penarik panas di bagian atas tanah, jadi gunakan dengan tanaman yang menyukai panas seperti kaktus dan sukulen.

Baca juga: Selain Cantik, Ini 7 Manfaat Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

3. Meningkatkan retensi air

Batu atau kerikil yang diletakkan di dalam pot, dapat menghentikan penguapan air dari tanah.

Ini juga adalah cara yang bagus untuk menyerap kelebihan air dalam pot, dan juga untuk melepaskan air saat pot mengering. Ini dikombinasikan adalah cara alami untuk membantu konsumsi air tanaman Anda.

4. Pastikan drainase yang tepat
Jessica Walliser, seorang ahli hortikultura dan penulis Container Gardening Complete, menyatakan, sementara orang telah menempatkan kerikil, batu, dan pecahan pot di bagian bawah pot selama beberapa generasi, praktik ini sebenarnya dapat membatasi drainase, jadi berhati-hatilah dengan penempatannya.

"Air tidak mudah bergerak melalui bahan bertekstur yang berbeda, jadi ketika Anda meletakkan air di bagian atas pot dan menyaring melalui tanah pot bertekstur halus dan mengenai kerikil bertekstur kasar, kebutuhan untuk beralih dari satu tekstur ke tekstur lain berfungsi sebagai penghalang bagi pergerakan air," jelasnya.

Cara yang baik untuk mencegah penghalang jalan jenis ini, pilih pot dengan lubang drainase atau buat sendiri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Simak, Ini Fungsi Batu dan Kerikil di Dalam Pot Tanaman Hias

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
1866 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved