Daftar 4 Negara yang Larang Penerbangan Masuk dari Indonesia

pemerintah Singapura mulai memberlakukan pengetatan perjalanan bagi wisatawan dari Indonesia.

Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/Destriadi Yunas Jumasani
Aktivitas penumpang di Bandara Internasional Supadio Pontianak. Daftar 4 Negara yang Larang Penerbangan Masuk dari Indonesia. TRIBUNPONTIANAK/DESTRIADIYUNASJUMASANI 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Pandemi Covid-19 yang masih belum melandai di Tanah Air membuat sejumlah negara memperketat akses masuk pendatang dari Indonesia.

Terlebih, dengan adanya lonjakan kasus yang belakangan terjadi membuat situasi pandemi di Indonesia semakin memprihatinkan.

Dirangkum Kompas.com, setidaknya diketahui ada 4 negara yang melarang masuk pelaku perjalanan internasional dari Indonesia.

Sementara Singapura, tidak melarang, hanya saja syarat masuk ke negaranya diperketat.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Sesak Nafas Karena Gejala Covid-19

Singapura

Sejak Senin 12 Juli 2021, pemerintah Singapura mulai memberlakukan pengetatan perjalanan bagi wisatawan dari Indonesia.

Kebijakan ini akan berlaku bagi siapa pun yang pernah mengunjungi Indonesia dalam 21 hari terakhir.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura pada Sabtu 10 Juli 2021, kebijakan itu diambil karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sedang memburuk.

"Mengingat situasi (pandemi Covid-19) yang memburuk di Indonesia, kami akan memperketat izin masuk perbatasan untuk wisatawan dari Indonesia," tulis Kemenkes Singapura seperti dikutip Kompas.com, Sabtu.

Kebijakan baru ini mewajibkan semua wisatawan dari Indonesia akan diminta untuk menunjukkan tes PCR negatif COVID-19 yang diambil dalam waktu 48 jam sebelum keberangkatan ke Singapura.


Uni Emirates Arab

Dikutip dari Instagram resmi KBRI Abu Dhabi, Minggu 11 Juli 2021, otoritas Uni Emirat Arab mulai memberlakukan pelarangan tersebut sejak Minggu tengah malam hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Pelarangan ini berlaku bagi penerbangan yang datang dari Indonesia hingga wisatawan yang sempat berada di Indonesia dalam kurun waktu 14 hari sebelum datang ke UEA.

“Penangguhan (Larangan) masuk bagi pelancong dari Indonesia pada penerbangan nasional dan internasional, serta untuk penumpang transit mulai Minggu, 11/07/2021 pukul 23.59 hingga batas yang belum diberitahukan,” tulis akun @kbriabudhabi, seperti dikutip Kompas.com Senin 12 Juli 2021.

Otoritas setempat mengatakan penerbangan kargo antara kedua negara akan tetap beroperasi.

Selain itu, terdapat pula pengecualian bagi warga negara UEA, pemegang visa emas dan visa perak UEA, pekerja sektor esensial di UEA sesuai dengan ketentuan dari pemerintah UEA.

Kemudian, pejabat perwakilan diplomatik yang terakreditasi oleh kedua negara termasuk staf admin dari kedua negara.

Mereka tetep dipersilakan masuk dengan tetap melakukan karantina mandiri dan menyertakan hasil tes PCR negatif setidaknya dalam kurun waktu 48 jam terakhir.

Baca juga: Daftar 12 Obat Covid-19 Berizin BPOM, Apakah Termasuk Ivermectin?

Oman

Oman telah menangguhkan penerbangan dari Indonesia sejak 9 Juli 2021 hingga pengumuman lebih lanjut akibat naiknya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
1834 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved