DOA Agar Tidak Malas dan Semangat Bekerja, Amalkan Setiap Hari

Doa ini membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk bekerja. Kita menjadi lebih menyadari tanggung jawab kita sendiri

Editor: Maskartini
Tribun Jabar
Ilustrasi berdoa.DOA Agar Tidak Malas dan Semangat Bekerja, Amalkan Setiap Hari 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Malas adalah kondisi ketika seseorang menghindari pekerjaan yang seharusnya dapat dikerjakan dengan potensi dan energi yang dimiliki.

Seringkali malas dikaitkan dengan dua perilaku, yaitu prokrastinasi (menunda-nunda) dan idleness (berdiam diri tanpa melakukan apa-apa).

Sifat malas ini bisa melanda siapa saja dan di mana saja, termasuk kita. Namun tahukah Anda, sebenarnya ada cara supaya kita terhindar dari sifat malas.

Selain melakukan aktivitas bermanfaat, kita juga harus membaca doa. Berikut ini adalah doa supaya tidak malas.

Doa agar tak malas ini bisa Anda amalkan setiap hari.

"Allahumma inni a’udzubika minal kasali wa a’udzubika minal jubni wa a’udzubika minal harami wa a’udzubika minal bukhil."

Artinya : “Ya Allah aku aku berlindung kepadamu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.

Baca juga: Tata Cara Salat Tahajud yang Benar, Lengkap dengan Niat dan Doa

Doa ini membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk bekerja. Kita menjadi lebih menyadari tanggung jawab kita sendiri.

Malas merupakan salah satu sifat yang di miliki oleh setiap manusia. Rasa malas memang sangat sulit di hilangkan bila tidak dengan kemauan dari dalam diri yang kuat.

Malas juga merupakan salah satu sifat yang dapat menghambat kesuksesan.

10 Tips Cara Menghilangkan Rasa Malas yang Berlebihan

1. Jangan menunda

Jangan pernah menunda suatu hal. Cobalah untuk melakukannya sekarang juga. Menunda sebenarnya justru akan membuat beban anda menjadi lebih berat. Usahakan untuk segera melakukan tugas ataupun hal yang kecil sekalipun. Jika anda sudah terbiasa mengerjakan suatu hal secara langsung atau dalam kata lain tidak menundanya niscaya anda dapat terhindar dari rasa malas.

2. Buat target

Buatlah target sesuai kemampuan anda. Dengan adanya target anda pasti akan berusaha mencapai target tersebut. Tanamkan pada diri anda bahwa anda pasti dapat menyelesaikan target yang anda buat. Dengan demikian anda akan merasa lebih bersemangat dan giat dalam melakukan suatu hal.

3. Olahraga dan pola hidup sehat

Malas juga di sebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh. Jika nutrisi kurang pasti anda akan merasa bahwa tubuh anda lemas dan akan malas melakukan apapun. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan cara berolah raga dan pola hidup sehat. Dengan demikian tubuh anda akan selalu terasa segar dan bersemangat dalam melakukan suatu hal ataupun pekerjaan.

Baca juga: DOA Keluar dan Masuk Kamar Mandi, 7 Adab di WC Menurut Sunnah

4. Buatlah daftar

Buatlah daftar apa saja yang akan anda lakukan mulai bangun tidur hingga sebelum tidur. Dengan pembuatan daftar anda pasti akan berusaha melakukan sesuatu dengan baik dan cepat agar semua daftar yang anda buat dapat di terlaksana semuanya.

5. Hadiahi diri sendiri

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved