9 MAKANAN yang Bisa Turunkan Kolesterol Secara Alami, Termasuk Rambut Jagung dan Teh Cina

Biasanya kolesterol baik ini akan meningkat seiring konsumsi lemak-lemak baik seperti minyak kelapa.

Editor: Maskartini
Tribunnews.com
Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Tingginya kadar kolesterol dalam darah sangat berbahaya bagi kesehatan. Kadar kolesterol tinggi merupakan pemicu utama penyakit jantung.

Kadar kolesterol yang perlu Anda perhatikan ada tiga, yaitu kadar kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ketiga kolesterol ini perlu ada di angka yang rendah.

Namun ada satu kolesterol yang baik jika kadarnya meningkat, yaitu kolesterol HDL. Biasanya kolesterol baik ini akan meningkat seiring konsumsi lemak-lemak baik seperti minyak kelapa.

Daripada bergantung denga obat-obatan, Anda bisa mencoba cara alami berikut untuk turunkan kadar kolesterol dalam darah, tentunya dengan mengimbangi pola hidup sehat lainnya serperti berolahraga dan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Baca juga: Waspada 5 Gejala Kolesterol Tinggi, Bisa Picu Stroke dan Jantung

Daun ceremai
Daun ceremai (Phyllantus acidus L.) merupakan salah satu obat tradisional yang sudah teruji secara empiris mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Rambut jagung
Jagung merupakan sumber karbohidrat utama di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan beberapa daerah di Indonesia seperti Madura dan Nusa Tenggara.

Semua bagian dari jagung bisa dimanfaatkan. Bulirnya banyak digunakan sebagai sumber pangan manusia seperti dibuat tepung, dibuat minyak jagung, hingga paka ternak yang menggunakan daun dan tongkolnya.

Ternyata, rambut jagung juga ada manfaatnya. Rambut jagung telah lama diketahui fungsinya sebagai obat diuretik tadisional dan penurun tekanan darah.

Rambut jagung mengandung zat betasitosterol yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Kedokteran Universitas Lampung tahun 2016, rambut jagung memberi efek yang signifikan untuk menurunkan kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol jahat, serta peningkatan kolesterol baik.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved