Mitos dan Fakta Seputar Susu UHT, Berikut 6 Kebaikan Untuk Tumbuh Kembang Anak Diatas 1 Tahun

susu kaya dengan berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, mulai protein, lemak, dan berbagai vitamin dan mineral

Editor: Maskartini
Grid.id
Ilustrasi anak sehat. Mitos dan Fakta Seputar Susu UHT, Berikut 6 Kebaikan Untuk Tumbuh Kembang Anak Diatas 1 Tahun 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Susu adalah salah satu sumber protein terbaik yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

Sebab, susu kaya dengan berbagai zat gizi, baik makro maupun mikro, mulai protein, lemak, dan berbagai vitamin dan mineral penting lainnya.

Tidak usah heran, dulu para ahli gizi sempat menjadikan susu sebagai penyempurna makanan dengan slogan 4 sehat 5 sempurna.

Susu terbaik yang sebaiknya dikonsumsi anak adalah susu cair segar. Sayangnya, masa simpan yang pendek dan jarangnya ketersediaan produk ini di pasaran luas, membuat produk ini kurang diminati.

Nah, di antara berbagai produk susu segar, susu UHT adalah susu yang mendekati kandungan susu segar. Susu UHT dibuat dari susu segar yang dipanaskan pada suhu tinggi (135-145°C) dengan waktu singkat (2-5 detik) dan dikemas dengan kemasan aseptic multilapis.

Baca juga: Kaya Manfaat, Daun Pepaya Solusi Berbagai Masalah Kesehatan

Proses itu membuat susu UHT memiliki daya simpan lama dan warna serta aromanya hampir sama dengan susu segar. Bagi anak, rasa yang dianjurkan adalah yang sama dengan susu segar, yaitu rasa full cream.

Saat ini, banyak tersedia produk susu UHT Kids Full Cream yang secara kemasan pas dengan kebutuhan anak, tidak terlalu besar seperti susu UHT 1 liter, dan lebih praktis karena kecil sehingga anak bisa memegang sendiri dan menikmati kebaikan susu segar di dalamnya.

Susu UHT Kids Full Cream juga bebas gula sehingga aman dan sehat. Jadi, susu UHT Kids Full Cream sangat baik untuk anak di atas 1 tahun.

Sayangnya, meski kandungannya alami, lengkap, dan bermanfaat, konsumsi susu cair, termasuk susu UHT Kids Full Cream masih rendah. Data Euromonitor 2007 menyebutkan, produksi aneka susu di Indonesia mencapai 1,3 miliar kiloliter.

Dari jumlah itu, 60%-nya berbentuk bubuk, 35% susu kental manis, dan 5

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved