Bingung Pilih Jurusan Kuliah, Simak Tipsnya Disini

Akademisi Unpar memberikan gambaran secara umum perihal menentukan pilihan jurusan

Editor: Maskartini
Kompas.com
Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Membantu para siswa mengurangi rasa bimbang dalam menentukan jurusan kuliah, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung melalui Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) berbagi tips kepada para siswa

Akademisi Unpar memberikan gambaran secara umum perihal menentukan pilihan jurusan perkuliahan dan berbagai macam pekerjaan.

Melansir laman edukasi.kompas.com, Konselor LPH Unpar Ignatia Ria Natalia menerangkan, pilihan para siswa menentukan masa depanmu.

Walaupun baru lulus dari kelas IX atau baru memulai masuk SMA tetapi sebaiknya merencanakan masa depan itu dipersiapkan sejak awal atau saat usia remaja.

"Kalau dipersiapkan saat remaja, jalan persiapannya itu makin panjang," ujar Ria saat mengisi webinar bertajuk 'My Promising Future' seperti dikutip dari laman Unpar, Sabtu 5 Juni 2021.

Menurut Ria, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Ria menjelaskan, secara umum sudah sewajarnya setiap orang mempunyai tujuan sehingga orientasi dan energi yang disalurkan untuk mencapai tujuan itu takkan percuma.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Termasuk para pelajar yang baru lulus sekolah menengah pertama, tak ada salahnya jika sudah menentukan tujuan demi masa depan yang menjanjikan.

"Orang jika tidak punya cita-cita, bawaannya itu enggak jelas mau kemana, mau ngapain. Agar produktif tiap harinya, maka teman-teman perlu memiliki tujuan, apapun itu. Misalnya belajar atau mendapat nilai bagus. Cita-cita itu diibaratkan sebagai tujuan," tuturnya.

Pada survei yang dilakukan Unpar terhadap total 83 pelajar kelas IX Santa Ursula, ketika ditanya ‘Apa Cita-citamu?’ hasilnya 13 orang bercita-cita menjadi pengusaha, 1 orang psikiater, 3 orang arsitek, 2 lawyer, 2 orang menjadi chef, 2 orang bercita-cita menjadi tentara, 7 orang menjadi dokter, 7 lainnya memilih menjadi artis, aktris, youtuber, dan musisi.

Di sisi lain, terdapat 7 pelajar yang masih bingung menentukan cita-citanya. Survei selanjutnya, ‘Apakah Kamu Sudah Menentukan Jurusan Kuliah?’ hasilnya sebesar 68,7 persen sudah menentukan dan 31,3 persen menjawab belum menentukan jurusan kuliah.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved