Tips Kelola Emosi Saat Hadapi Anak

Ketika proses pengasuhan, orang tua bisa mengelola emosinya maka akan lebih siap mengajarkan anak untuk mengelola emosi

Editor: Maskartini
Nakitagrid.id
Perlunya peran orangtua dalam membimbing anak 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Emosi pada orang tua yang berlebih akan berdampak kurang baik pada perkembangan anak. Karena itu, penting sekali orang tua dapat mengelola emosinya.

Melansir laman kompas.com, emosi adalah perasaan yang kita miliki ketika berada dalam situasi tertentu atau ketika berhubungan dengan seseorang yang dianggap penting.

Ketika proses pengasuhan, orang tua bisa mengelola emosinya maka akan lebih siap mengajarkan anak untuk mengelola emosi.

Nantinya, anak akan mendapatkan contoh tentang bagaimana cara mengelola emosi yang baik dari lingkungan terdekat, yaitu orang tua.

Baca juga: Tanamkan Anak Cara Hargai Diri Sejak Dini, 7 Tips Berikut Bisa Dicoba

Maka, orang tua perlu mengetahui dan mampu mengelola emosi dalam kehidupannya sehari-hari.

Cara kelola emosi

Berikut ini cara mengelola emosi orang tua pada pengasuhan anak usia dini:

1. Kenali emosi yang muncul dan penyebabnya. Semakin kita jujur pada diri sendiri, maka semakin mudah kita mengenali emosi kita dan penyebabnya.

2. Coba ubah pikiran-pikiran negatif dengan pikiran positif. Misalnya ketika kita berpikir bahwa "kita TIDAK PERNAH BISA jadi orang tua yang baik", gantilah menjadi "kita SEDANG BERUSAHA MENJADI orang tua YANG BAIK".

3. Jangan takut menyampaikan pikiran kita ke orang lain. Misalnya daripada menunggu orang lain untuk membantu kita membereskan piring setelah makan, lebih baik kita bilang.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved