Tips Memilih Alpukat Segar dan Cepat Matang

Ketika kita membeli alpukat yang sudah empuk dan matang, kemungkinan besar kita akan melewatkan masa konsumsi terbaiknya.

Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/MASKARTINI
Ilustrasi alpukat. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Buah alpukat memiliki banyak manfaat. Jika kamu penyuka buah alpukat, tapi juga masih pemula dalam memilih buah alpukat yang masih bagus, ada baiknya membaca tulisan ini.

Dilansir dari laman kompas.com, dalam membeli alpukat, sebaiknya pilih yang belum ranum alias belum matang maksimal.

Karena alpukat yang sudah matang sempurna, hanya bisa bertahan antara dua hingga tiga harian saja. Selepas itu, alpukat akan menghitam kemudian membusuk.

Ketika kita membeli alpukat yang sudah empuk dan matang, kemungkinan besar kita akan melewatkan masa konsumsi terbaiknya.

Jadi belilah alpukat yang belum matang, baru ketika Anda akan mengonsumsinya, matangkan dengan cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan sendiri di dalam dapur.

Untuk mengetahui alpukat masih mentah atau sudah matang, Anda bisa melihat dari warna kulitnya.

Baca juga: Bersihkan Tubuh Secara Alami, Konsumsi 5 Buah Ini

1. Hijau terang

Jika alpukat masih berwarna hijau terang, itu tandanya alpukat belum matang maksimal. Masih dibutuhkan sekitar 4 hingga 7 hari lagi hingga seluruh daging buah alpukat matang. 

2. Hijau tua

Warna kulit alpukat yang seperti ini adalah penanda daging buah sudah matang dan dalam waktu terbaik untuk dikonsumsi.

Jika Anda ingin mengonsumsi alpukat hari itu juga, maka Anda bisa mengambil alpukat ini.

3. Coklat kehitaman

Alpukat dengan kulit coklat kehitaman biasanya sudah sangat matang, melewati masa terbaik pengonsumsian. 

Daging buah alpukat ini sudah tak lagi segar, dengan tekstur yang sangat lembek dan bintik coklat di permukaan daging buahnya.

Tips mematangkan alpukat

Untuk mematangkan alpukat Anda hanya membutuhkan plastic wrap dan microwave.

Kemudian belah alpukat menjadi dua, buang bijinya. Bungkus masing-masing belahan dengan plastic wrap. 

Masukkan alpukat ke dalam microwave dan panaskan selama dua menitan saja. Keluarkan alpukat dari microwave, dan masukkan ke dalam air dingin untuk menghentikan proses pematangan.

Jika Anda menginginkan alpukat matang dalam satu atau dua hari, letakkan alpukat dalam mangkuk atau kantung bersama dengan buah apel atau pisang. 

Beri lubang di permukaan kantung, dan letakkan kantung di suhu ruang. Gas etilen dari apel dan pisang bisa mempercepat pematangan daging buah alpukat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Memilih dan Mematangkan Alpukat dalam Waktu Singkat https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/22/103000765/memilih-dan-mematangkan-alpukat-dalam-waktu-singkat?page=all#page2

 

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved