Fungsi dan Manfaat Atmosfer, Apakah Hanya Ada di Bumi?

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yakni “Atmos“ yang berarti “uap air atau gas” serta “Sphaira“ yang berartikan “selimut

Editor: Maskartini
Tribunnews
Fungsi dan Manfaat Atmosfer, Apakah Hanya Ada di Bumi? 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Atmosfer berasal dari bahasa Yunani yakni “Atmos“ yang berarti “uap air atau gas” serta “Sphaira“ yang berartikan “selimut”.

Jadi Atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi. Dari permukaan planet itu sampai jauh di luar angkasa dengan ketebalan ialah kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1.014 ton.

Di Bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi.

Apakah atmosfer hanya ada di Bumi? Tentu saja tidak. Beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer, tetapi kandungannya berbeda-beda.

Baca juga: Apa Itu Jaringan 5D, Kecepatannya 20 Kali Lebih Tinggi dari Peak Data Rate 4G

Fungsi atmosfer
Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari.

Sekitar 34 persen panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47 persen sisanya mencapai permukaan bumi.

Ini fungsi atmosfer:

1. Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.

2. Penyeimbang dan penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.

3. Mengurangi rasa panas yang diberikan langsung oleh cahaya matahari.

4. Melindungi bumi dari serangan meteor-meteor atau benda-benda luar angkasa.

5. Menjaga agar grafitasi bumi tetap stabil.

Manfaat atmosfer
Berikut ini manfaat atmosfer:

1. Melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

2. Melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi bumi.

3. Atmosfer juga menjadi media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.

4. Memiliki kandungan berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan juga hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.

Dilansir dari Tribun Manado hasil pantauan data satelit menunjukkan kabar mengejutkan! Tingkat ozon benar-benar turun di stratosfer bagian bawah (lapisan atmosfer sekitar 10 sampai 20 kilometer di atas permukaan bumi.)

Seperti di lansir bbc.net.au, dalam 30 tahun sejak Protokol Montreal menghapus CFC, ozon di kutub dan stratosfer atas menujukan perubahan positif, ozon mulai membaik.

Namun analisis terbaru menunjukkan kabar sebaliknya, memprihatinkan! Tingkat ozon di stratosfer bawah telah menurun drastis.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
1645 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved