Lada Batu Layar Produk Unggulan Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan Sambas

Lada Batu Layar merupakan produk unggulan dari Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung.

Tribun Pontianak/Istimewa/Dedi
Lada Batu Layar yang dipelopori Dedi menjadi produk unggulan Desa Sendoyan, Sambas. 

TRIBUNNEWSWIKI.COM - Lada Batu Layar merupakan produk unggulan dari Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung.

Komoditas strategis menjadi sumber pendapatan petani serta prioritas pemerintah daerah setempat yang didorong pengembangannya.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, terdapat sekitar 11 ribu hektare tanaman lada yang dikembangkan atau dibudidayakan oleh masyarakat.

Pelopor produk Lada Batu Layar, Dedi mengatakan sejauh ini belum ada perusahaan atau pihak swasta yang bergerak dalam budidaya lada sehingga tanaman tersebut masih menjadi pengelolaan perkebunan rakyat.

Kabupaten Sambas yang berbatasan dengan Sarawak, Malaysia Timur, merupakan salah satu sentra lada di Provinsi Kalimantan Barat. Terdapat 1.500 hektare lahan yang digunakan masyarakat untuk tanaman lada.

Dusun Batu Layar, Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung, yang juga menjadi bagian sentra lada di Sambas.

Baca juga: Tas Etnik Kulminasi, Tembus Pasar Jepang, Malaysia Hingga Swedia

Hampir 100 persen masyarakat setempat mengembangkan budidaya lada dan menjadi sumber pendapatan utama, selain dari karet.

Dari sisi produksi, dalam satu kali panen, rata - rata satu kepala keluarga bisa menghasilkan 800 kilogram hingga lebih satu ton lada. Baik putih maupun hitam yang sudah dikeringkan.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, persoalan harga lada menjadi keluhan petani. Harga lada yang pernah tembus hingga Rp100.000 per kilogram,kini di tingkat petani tak sampai separuhnya, di kisaran Rp43.000 per kilogram.

Sementara di sisi lain, biaya produksi terutama alat sarana produksi dan pupuk terus meningkat sehingga hal tersebut menjadi tantangan petani.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved