Lifestyle Wanita

Suka Duka Menjadi Petugas Dishub, Rohayati Bagi Pengalaman Menjadi Gaswan Kota Pontianak

Petugas Wanita (Gaswan) Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Rohayati berbagi pengalaman seputar suka duka mereka saat menjalani tugas.

Wiki Tribun Pontianak
Petugas Wanita (Gaswan) Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Rohayati berbagi pengalaman seputar suka duka mereka saat menjalani tugas. 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM-Petugas Wanita (Gaswan) Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Rohayati berbagi pengalaman seputar suka duka mereka saat menjalani tugas.

Saat ditemui di Kantor Dishub Kota Pontianak, ia menyebutkan bahwa peranan Gaswan juga sangat penting karena sejatinya wanita memiliki derajat yang sama dengan lelaki.

"Tak jarang dalam jalankan tugas kami mendapat kata-kata kasar dari masyarakat. Biasanya dari pengendara motor, atau sopir ojek online (Ojol). Meski jengkel, tapi saya katakan pada anggota untuk tetap ceria dan tersenyum di hadapan masyarakat," kata Rohayati yang akrap disapa Aya tersebut.

Baginya, tugas yang diemban sangatlah penting demi kemaslahatan masyarakat juga.

Baca juga: Meet The Grill, Menu Baru dari Unique Kafe, Tersedia Promo Spesial Juga Nih!

Karena dirinya sudah sampai dititik ini, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan menjadi petugas Dishub dan mengabdi juga untuk masyarakat.

Menurut Aya, menjadi seorang Gaswan berarti harus siap bekerja kapan pun. Dalam kalender kerja mereka, tidak ada tanggal merah.

Artinya, kapanpun di butuhkan harus siap sedia, karena tugas utama mereka adalah membantu melaksanakan Urusan Pemerintahan dalam bidang Perhubungan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kota Pontianak.

Seringkali ketika kita berkendara kita sering melihat petugas di jalan, baik petugas yang mengatur lalu lintas ataupun petugas yang melakukan operasi (razia).

Pastinya kita sudah familiar dengan petugas ini yaitu Polisi Lalu Lintas (POLANTAS) dan Dinas Perhubungan (DISHUB). Kedua instansi ini sering kita temui namun tetap memiliki perbedaan.  

Menurut Rohayati, menjadi seorang Gaswan Dishub, berarti harus siap bekerja kapan pun terutama di wilayah Kota Pontianak.
Menurut Rohayati, menjadi seorang Gaswan Dishub, berarti harus siap bekerja kapan pun terutama di wilayah Kota Pontianak. (Wiki Tribun Pontianak)

Dikatakannya, Berdasarkan UU 22 tahun 2009 maka Tugas dan Fungsi Dinas Perhubungan terbagi dalam beberapa point.

Dua diantaranya adalah pengembangan sistem informasi dan komunikasi di bidang sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan pembinaan sumber daya manusia penyelenggara sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Aya mengatakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki Gaswan adalah berkomunikasi dengan baik.

Baca juga: PROFIL Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia

"Itu seninya kerja kami yaitu bertemu banyak orang, dan harus lihai berkomunikasi dengan siapa pun. Paling repot memang sama kernet, dibilangin enggak boleh ngetem masih bandel. Tapi ya kami harus sabar dan pelan-pelan kasih tahunya," ujar dia saat berbagi pengalaman.

Rohayati yang mengambil kuliah Manajemen Transportasi sempat menceritakan beberapa hal unik tentang studi tersebut.

Bahwa dirinya tidak pernah menyangka akan bergabung di Dishub. Karena sebelumnya, saat SMA ia bersekolah di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPMN) Pontianak.

Aya berharap agar warga, baik yang berjalan kaki maupun yang mengendari sepeda motor atau mobil bisa menghargai petugas Dishub.

"Sama-sama saling mengerti saja, kami bekerja juga untuk melayani dan mengingatkan masyarakat, jadi sebisa mungkin masyarakat juga bisa mematuhi aturan-aturan dalam berlalu lintas," harapnya.

Ia juga bangga bergabung dengan Dishub Kota Pontianak. Mereka sering mendapat apresiasi dari pemerintah setempat, karena bergerak cepat dalam melihat kondisi di lapangan seperti aduan cepat terhadap tukang parkir liar yang kasar terhadap masyarakat.

"Sejauh ini masyarakat di Kota Pontianak sudah taat aturan, namun tetap saja ada beberapa oknum yang tidak taat, namun harapan saya kedepannya semoga Pontianak bisa lebih baik dalam hal transportasi, maka dari itu saya ingin terus berkarya dan mengabdi di Dishub untuk membantu mengingatkan masyarakat yang tidak taat akan aturan berlalu lintas juga," ujarnya.

Gaswan

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved