Buah Naga: Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara Pengolahannya

Buah naga biasa dikonsumsi dalam bentuk buah potong segar, bisa disajikan sendiri atau bersama jenis buah lainnya. Makan daging buah naga yang lembut

Tribunnews.com
Buah Naga Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara Pengolahannya 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Buah naga, atau yang populer dengan nama dragon fruit, belakangan semakin populer. Apalagi setelah diketahui bahwa buah dengan kulit menyerupai sisik naga ini punya banyak manfaat kesehatan.

Menurut buku " Buah Naga, Buah Sehat Kaya Khasiat + 40 Resep Makanan Lezat Olahannya" karya Hindah Muaris, buah naga bukan tanaman asli Indonesia, juga bukan dari Taiwan atau Vietnam yang merupakan produsen terbesar buah naga.

Meski termasuk tanaman kaktus, tetapi buah naga juga bukan berasal dari negara-negara gurun penghasil kaktus.

Baca juga: Hindari Makan 5 Jenis Buah Ini di Pagi Hari

Buah ini berasal dari Amerika Latin, yang kemudian menyebar ke Israel, Australia, China, dan negara Asia Timur lain.

Di Amerika Latin, buah naga dikenal dengan nama phitahaya, orang Inggris menyebutnya pitaya, di Vietnam dikenal sebagai thang long, sementara orang China menyebutnya hu long gu atau long zhu gu.

Setidaknya ada empat jenis buah naga yang telah dikenal, yakni buah naga berdaging putih, merah, super merah, dan kuning.

Ada beberapa varietas lain dari buah naga, tetapi varietas Hylocereus undatus (daging putih) dan Hylocereus polyrhizus (daging merah) adalah yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

Kandungan nutrisi

Selain harganya yang terjangkau, buah naga juga kaya akan nutrisi.

Buah naga merupakan buah rendah kalori dan tinggi serat, serta mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang menyehatkan bagi tubuh.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved