Komunitas Kalbar

Komunitas Hidroponik Pontianak, Wadah Petani Kreasikan Hobi Menanam Ala Kaum Urban

media yang digunakan dengan cara menanam dengan menggunakan air saja dan tidak lagi menggunakan media tanah maka ini menjadi sebuah teknik hidroponik

Tribun Pontianak Wiki
Bersama komunitas hidroponik Pontianak, menanam menjadi lebih menyenangkan 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM-Tanaman hidroponik adalah teknik atau metode yang kini sudah mulai banyak digunakan.

Sehingga ada banyak juga orang yang menjual tanaman hidroponik dan kualitasnya lebih baik.

Dengan demikian, hadir di Pontianak komunitas Kelompok Tani Pontianak Hydroponic Center.

Menanam ala komunitas hidroponik Pontianak, dengan lahan yang seadanya sayuran tetap sehat dan segar.
Menanam ala komunitas hidroponik Pontianak, dengan lahan yang seadanya sayuran tetap sehat dan segar. (Tribun Pontianak Wiki)

Kelompok ini menyebutkan media yang digunakan dengan cara menanam dengan menggunakan air saja dan tidak lagi menggunakan media tanah maka hal ini menjadi sebuah teknik hidroponik.

"Teknik ini kini sedang populer di kalangan para pecinta tanaman, petani dan orang-orang yang memiliki hobi bercocok tanam. Sistem hidroponik ini sangat bervariasi, dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menanam segala jenis tanaman khusus hp," ujar Hidayat Akbar Kurniawan, sebagai ketua kelompok Tani.

Baca juga: 3 Penyebab Perlemakan Hati yang Perlu Diwaspadai

Lanjutnya, teknik menanam yang satu ini lebih cocok dipakai oleh masyarakat perkotaan, yang biasanya tak punya lahan luas dalam menanam tanaman.

"Kini masyarakat sedang berlomba-lomba untuk menjalani pola hidup sehat, kebutuhan sayuran yang menjadi sumber vitamin dan mineral memang sangat diperlukan oleh seluruh insan yang hidup di bumi," tambahnya.

Dikatakannya, komunitas ini terbentuk sejak tahun 2016, namun sempat vakum karena lokasi yang berpindah-pindah dan akhirnya aktif kembali di tahun 2019.

Anggota kelompok tani yang aktif saat ini sebanyak 12 orang, dan mereka pun aktif dalam melakukan kegiatan menanam dan sudah menghasilkan uang sendiri.

"Semua berawal dari hobi, tapi sekarang sudah skala produksi," ungkapnya

Ia menyayangkan stigma masyarakat yang menilai bahwa sayuran hidroponik memiliki harga yang mahal, namun hal ini sangat berbanding terbalik dengan fakta yang ada.

Oleh karena itu, pihaknya menyasar kalangan menengah ke bawah karena melihat adanya pangsa pasar yang lebih luas.

Baca juga: Apakah Sperma Bagus untuk Masker Muka?

"Sejauh ini dari sekian ribu masyarakat Pontianak, mungkin hanya ratusan orang yang tau, kalau ternyata sayuran hidroponik lebih murah sekaligus mendapatkan pelayanan yang lebih nyaman seperti adanya gratis pengiriman. Sehingga sangat memudahkan masyarakat yang ingin belanja sayuran," jelasnya.

Katanya, satu pax sawi Hidroponti yang tampak segar dan bersih dibandrol seharga Rp 10 ribu dengan berat lebih kurang 300 gram, yang artinya sama dengan 2 ikat sawi konvensional di pasar.

Segarnya sawi yang dihasilkan dengan metode hidroponik, dan lantas tak membuatnya mahal. Selain sawi, ia menyebutkan jika Hidroponti juga menyediakan bayam, kangkung, pakcoy, kailan, caisim (sawi bakso), seledri, daun bawang, dan masih banyak lagi. Dan untuk semua jenis sayuran dibandrol dengan harga Rp 10 ribu per pax nya.

"Masyarakat taunya hidroponik itu sayuran mahal, dan tidak untuk kalangan menengah. Tapi sekarang malahan yang kita sasar kalangan menengah ke bawah, karena memang pangsa pasarnya lebih luas," ungkapnya ketika ditanyai Tribun.

Sementara saat ini pemasarannya langsung ke customer, offline store, dan bahkan telah berhasil masuk ke retail modern, seperti supermarket dan mall.

Baca juga: 4 Jenis Syok yang Bisa Sebabkan Kematian

Tak lupa ia juga menjelaskan jika sayuran hidroponik jauh lebih sehat, karena bebas dari pestisida, dalam artian tidak menyeprotkan racun hama berbahan kimia.

Kalaupun mengharuskannya untuk menyemprot hama, bahan yang digunakanpun dari bahan nabati atau herbal yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, bukan dari bahan kimia, inilah yang membuat sayuran hidroponik jauh lebih sehat.

Untuk tau apa saja yang diperlukan untuk memulai metode hidroponik, saksikan Triponcast edisi Bebincang Bisnis yang mengangkat tema "Hidroponik Potensi Bisnis Kaum Urban" yang telah tayang di Facebook Tribun Pontianak Interaktif, Instagram dan YouTube Tribun Pontianak. (mod)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1227 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved