Benarkah Minum Soda Bisa Bikin Haid Semakin Lancar?

Banyak orang yang menyarankan untuk minum soda selama masa menstruasi. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar keluarnya darah sehingga siklus haid

Tribunnews.com
Minum Soda Bisa Bikin Haid Semakin Lancar 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Haid yang tidak lancar bisa menyebabkan kaum hawa merasa tersiksa untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasinya, banyak orang minum soda untuk melancarkan haid. Apakah itu cara yang benar?

Banyak orang yang menyarankan untuk minum soda selama masa menstruasi. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar keluarnya darah sehingga siklus haid bisa dipersingkat. 

Namun sebelum kamu ikut-ikutan, ketahuiah bahwa melancarkan haid dengan soda sebenarnya adalah mitos.

Baca juga: Wanita Harus Tahu 5 Penyebab Anemore, Kondisi Ketika Wanita Tidak Haid

Kandungan kafein yang tinggi dalam minuman soda atau minuman berkarbonasi justru dapat memperburuk gejala haid yang kamu alami, seperti kram perut, perut kembung, sakit kepala, dan lainnya.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, minum minuman soda saat menstruasi justru dapat menyebabkan kondisi penyempitan pembuluh darah atau dalam dunia medis dikenal dengan istilah vasokonstriksi. Akibatnya, dapat meningkatkan rasa sakit perut saat haid.

Minuman bersoda juga mengandung gula yang tinggi. Konsumsi gula yang tinggi dapat menahan air dan natrium di dalam tubuh sehingga semakin memperburuk gejala perut kembung saat haid.

Selain itu, minuman bersoda juga dapat menyebabkan seseorang semakin moody atau mengalami perubahan suasana hati yang naik turun selama menstruasi.

Alih-alih melancarkan haid, minum minuman soda dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga menyebabkan kecemasan dan ketegangan. Akibatnya, kamu jadi merasa lebih tidak nyaman saat haid.

Setelah mengetahui fakta yang telah dijelaskan di atas, kebiasaan memperlancar haid dengan soda agar siklus menstruasi menjadi lebih singkat memang sebaiknya perlu dihindari.

Baca juga: Mau Perut Rata Tanpa Lemak, Ini 5 Makanan Karbohidrat Sehat

Namun, sejumlah peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan fakta unik bahwa minum minuman bersoda bisa mempercepat remaja perempuan mendapatkan haid pertama.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved