Kasus TikTok Cash dan VTube, Kenali Modus Aplikasi Berkedok Investasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir situs TikTok Cash permintaan Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan ( O

Tribunnews.com
Modus Aplikasi Berkedok Investasi 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir situs TikTok Cash permintaan Satgas Waspada Investasi (SWI) Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

OJK juga tengah mengusulkan kepada Kemenkominfo agar memblokir VTube karena terindikasi sama, skema money game.

Aplikasi TikTok Cash menjanjikan imbalan uang kepada pengguna hanya dengan menonton video di Platform TikTok.

Baca juga: CARA Mengurus Rekening Bank Terblokir, Ini Penyebabnya

OJK menyebutkan, pemblokiran TikTok Cash karena tidak memiliki izin dan diduga sebagai skema money game.

Sementara, aplikasi VTube yang menawarkan poin yang dapat ditukar dengan uang tunai hanya dengan menyaksikan konten di platform tersebut.

Ketua Satgas Waspada Indonesia (SWI), Tongam L. Tobing, menyebutkan, hal yang sama juga pernah dilakukan terhadap platform bernama Golns.

"Sebelumnya, sudah pernah ada entitas yang kegiatannya sejenis TikTok Cash dan sudah dihentikan Satgas Waspada Investasi yaitu GoIns. Pada keduanya, member diminta untuk like post di media sosial dengan paket investasi dan skema referral," kata Tongam saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Skema yang sama, juga ditemukan pada platform Like Share. Saat ini, Satgas Waspada Investasi juga tengah memantau sejumlah aplikasi yang menjalankan praktik yang sama. 

Akan tetapi, Tongam tidak merinci situs atau aplikasi apa saja yang saat ini tengah dalam pantauan SWI karena belum dapat dipastikan apakah termasuk legal atau sebaliknya.

"Saat ini terdapat beberapa entitas yang masih kami pantau apakah kegiatannya termasuk investasi ilegal atau tidak," kata dia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved