Bagaimana Produksi Kakao Indonesia?

Produksi kakao di Indonesia itu dari tahun ke tahun semakin menurun, padahal demand-nya baik dari pasar domestik maupun internasional semakin meningka

Kompas.com
Ilustrasi kakao 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Momen Hari Valentine yang dirayakan pada Minggu (14/2/2021), merupakan perayaan tahunan yang erat dengan konsumsi cokelat.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa bahan dasar cokelat, yaitu kakao merupakan produk unggulan Indonesia? Bagaimana produksi kakao di Tanah Air?

Peneliti Agribisnis Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Diany Faila Sophia Hartatri, menyebutkan, produksi kakao Indonesia semakin menurun setiap tahunnya.

Baca juga: Mengapa Telur dan Cokelat Tak Boleh Disimpan di Kulkas? Ini Penjelasannya

"Produksi kakao di Indonesia itu dari tahun ke tahun semakin menurun, padahal demand-nya baik dari pasar domestik maupun internasional semakin meningkat," kata Diany saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Produksi per tahun

Data Kementerian Pertanian menyebutkan, pada 2019, kegiatan pengembangan kakao dialokasikan seluas 7.730 hektar melalui kegiatan peremajaan dan perluasan lahan kakao.

Dari luas tanah tersebut, Diany menjelaskan, versi produksi Ditjen Perkebunan dapat mencapai sekitar 600 ribu ton per tahun.

Ia mengatakan, ada dua versi mengenai produksi kakao di Indonesia. Versi lainnya dari Organisasi Internasional Kakao (ICCO) hanya sekitar 200 ribu ton.

Perbedaan angka tersebut, menurut Diany akibat pengambilan sampel data yang berbeda.

"Pendekatan datanya. ICCO mungkin pakai data di Kemendag jadi jumlah datanya di ekspor atau diperdagangkan. Kalau di Kementan itu data dari rakyat atau di daerah-daerah begitu," jelas Diany.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved