Tahun Baru Imlek 2021

FILOSOFI Mie Panjang Umur, Kuy Intip Bahan dan Cara Pembuatan Mie Jelang Imlek

Mie panjang umur ini, berfokus kepada pembuatan mie asin yang beroperasi di Jalan Diponegoro

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Destriadi Yunas Jumasani
Rumah produksi pembuatan mie panjang umur yang berada di Jalan Diponegoro, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin 8 Februari 2021. Pemilik usaha mengaku mendekati Imlek tahun ini mengalami penurunan permintaan pasar terhadap mie panjang umur, dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK - Mie panjang umur satu diantara industri rumahan yang sehari-hari memproduksi mie asin di Kota Pontianak.

Mie panjang umur ini, berfokus kepada pembuatan mie asin yang beroperasi di Jalan Diponegoro Kota Pontianak.

Produksi mie asin sendiri merupakan industri rumahan yang terdiri dari 1 sampai 4 anggota dan industri ini memiliki modal yang sangat terbatas.

Fenddy penerus usaha Mie Panjang Umur yang juga sebagai generasi ke 4 dalam menjalankan usaha ini menceritakan secara singkat bagaimana cara pembuatan mie asin.

"Sudah generasi ke empat ya, mungkin 100 lebihlah," tutur Fenddy ditemui awak media di tempat usaha industri rumahan Mie asin Buheng yang berjalan sampai saat ini di jalan Diponegoro, Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada Senin 8 Februari 2021.

Baca juga: KUMPULAN Ucapan Selamat Imlek 2021 Bahasa Mandarin, Pinyin dan Indonesia

Proses produksi mie asin tentunya, menggunakan beberapa campuran bahan, Fenddy mengatakan bahwa (pembuatan) dicampur dengan air garam, tepung, setelah itu adonan yang sudah jadi digilas (giling) menggunakan mesin produksi.

Hasil akhir dari adonan yang sudah digilas akan membentuk adonan berupa mie yang mulur panjang (bentuk mie sehelai-helai).

Setelah bentuk mie menjadi sehelai, proses selanjutnya adalah salah satu karyawan langsung membawa (mie) ke tempat penjemuran.

Proses ini dilakukan agar adonan mie menjadi kering.

Penjualan mie panjang umur ini, Fenddy menyampaikan bahwa, distribusi penjualan mie ini di sekitar Kota Pontianak.

"Distribusinya kami jual disini aja, untuk memenuhi kebutuhan di kota Pontianak," katanya.

Selain itu, mie panjang umur ini merupakan tempat usaha satu-satunya di kota pontianak yang memproduksi mie asin, mie mentah, pangsit, mie siomai, dan mie panjang umur.

Untuk perhari, produksi yang dihasilkan sendiri sekitar 40 kilogram.

Disatu sisi, Mie panjang umur memiliki Filosofi umur panjang diwakili dengan bentuk mie yang mulur panjang. Biasanya, mie panjang umur dikonsumsi menjelang Imlek, Cap Go Meh atau Tahun baru.

Ia menambahkan untuk permintaan pasar menjelang tahun baru imlek tahun ini mengalami sedikit penurunan. (*)

Ikuti kami di
Editor: Maskartini
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved