Berlibur ke Perkampungan China nan "Instagramable" di Bandung

Chinatown berada di Jalan Kelenteng no 41 Bandung. Untuk menikmati semua spot di tempat wisata selfie ini, pengunjung cukup membeli tiket masuk Rp 30.

Tribunnews.com
Chinatown berada di Jalan Kelenteng no 41 Bandung. 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Matahari terus beranjak ke sebelah barat. Satu per satu lampu lampion di Chinatown Bandung menyala.

Dari kejauhan, terlihat sekelompok remaja tengah menikmati hari. Di atas taman yang terbuat dari rumput sintetis, mereka bercengkrama, sesekali dihiasi tawa riang.

Semakin sore, obrolan terlihat semakin seru. Mereka duduk lesehan di kursi bantal, menikmati minuman, dan terkadang merapikan rambut yang tersibak angin.

Baca juga: FILOSOFI Mie Panjang Umur, Kuy Intip Bahan dan Cara Pembuatan Mie Jelang Imlek

Sore hari memang saat yang tepat untuk menikmati Chinatown. Perpaduan birunya langit, cahaya lampion, serta semilir angin yang menyibak pohon khas kerajaan China, Liang Liu, terasa indah.

Seperti padi, pohon tersebut merunduk dan bergerak seirama dengan arah angin. Di bawahnya terdapat kolam, dan bangunan khas China, membuat pengunjung merasa ada di China.

“Liang Liu adalah pohon yang ada di taman kerajaan China. Kami sengaja hadirkan di sini untuk memperkuat nuansa di sana (China),” ujar Head of Marketing Chinatown Bandung, Marissa Jo kepada Kompas.com di Bandung, belum lama ini.

Di sekeliling pohon Liang Liu, terdapat berbagai jenis bangunan khas China. Jika dilihat dari atap, Marissa mengatakan, bangunan tersebut terinspirasi dari zaman Dinasti Ming.

Nuansa China sangat kental dari bangunan yang berjejer itu. Mulai dari arsitektur, interior, hingga berbagai ornamen.

Baca juga: 5 Zodiak yang Paling Bisa Dipercaya, Paling Tidak Suka Ingkar Janji

Seperti tulisan China, lampion, musik, hingga dominasi warna merah dan kuning yang menyimbolkan kebahagiaan, kekuataan, dan kemakmuran.

Uniknya, pengunjung akan dibawa ke suasana kerajaan sampai perkampungan. Di beberapa bagian, Chinatown menyuguhkan ornamen-ornamen kerajaan seperti singgasana hingga angkatan perang mereka yang tangguh.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved