Wanita Harus Tahu 5 Penyebab Anemore, Kondisi Ketika Wanita Tidak Haid

Amenorrhea atau amenore adalah kondisi pada wanita ketika tidak mengalami menstruasi selama tahun-tahun reproduksi, antara masa pubertas dan menopause

Kompas.com
Penyebab Anemore, Kondisi Ketika Wanita Tidak Haid 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Amenorrhea atau amenore adalah kondisi pada wanita ketika tidak mengalami menstruasi selama tahun-tahun reproduksi, antara masa pubertas dan menopause.

Amenore bukan termasuk penyakit dan bukan berarti seseorang mandul, tapi bisa jadi itu pertanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan.

Pada masa pubertas, haid dimulai, kemudian biasanya akan terus terjadi sekitar sebulan sekali hingga wanita berusia 50 tahun.

Baca juga: 7 Jenis Penyakit Kanker yang Bisa Dicegah dengan Rutin Olahraga

Pada usia sekitar 50 tahun, menstruasi bberhenti sama sekali dan masa menopause dimulai. Selama kehamilan, menstruasi juga berhenti dan biasanya juga berhenti saat menyusui. Jika menstruasi tidak terjadi pada saat wanita biasanya mengharapkannya, ini adalah amenore.

Jenis amenore

Terdapat dua jenis amenore yang dapat dikenali, yakni amenore primer dan amenore sekunder.

Apa bedanya?

Amenore primer

Amenhorrea primer adalah saat menstruasi tidak dimulai selama masa pubertas. Jika menstruasi tidak dimulai pada usia 16 tahun, orang tersebut harus mencari bantuan medis.

Amenore primer dilaporkan jarang terjadi. Konisi ini diperkirakan hanya mempengaruhi kurang dari 0,1 persen individu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved