Mengapa Telur dan Cokelat Tak Boleh Disimpan di Kulkas? Ini Penjelasannya

ada beberapa bahan makanan yang menjadi rusak dan membusuk, karena mereka tidak bertahan pada suhu dingin

Editor: Maskartini
bobo.id
telur sehat 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK -Kulkas atau lemari pendingin merupakan perangkat elektronik rumah tangga yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk membantu proses pengawetan makanan.

Saat ini, bisa dikatakan kalau kulkas telah menjadi perangkat elektronik yang wajib ada di rumah seseorang untuk menyimpan makanan maupun minuman sehingga bisa tetap segar lebih lama sekaligus dingin.

Mungkin kamu berpikir bahwa apa saja yang berhubungan dengan makanan bisa diletakkan ke dalam kulkas, sayang pemikiran tersebut keliru.

Sebab, ada beberapa bahan makanan yang menjadi rusak dan membusuk, karena mereka tidak bertahan atau dibuat untuk suhu yang lebih dingin.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, 16 Januari 2021, ketahui beberapa bahan makanan yang jangan pernah kamu masukkan ke dalam kulkas.

1. Bawang putih

Bawang putih bisa memburuk lebih cepat bila disimpan di kulkas karena kelembapan tambahan, kecuali mereka sudah dikupas dan disiapkan.

Jika kamu menyimpan bawang putih di kulkas, jangan kaget jika mereka menumbuhkan tunas hijau pahit bahkan jamur.

Bawang putih yang baru kamu beli paling baik disimpan di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik, pada suhu kamar dan jauh dari cahaya.

2. Makanan kaleng yang terbuka

Setelah dibuka, jangan simpan lagi segala macam makanan kaleng ke dalam kulkas, karena itu berisiko pada makanannya.

Meski suhu dingin kulkas akan menjaga makanan di kaleng agar tidak rusak, namun makanan yang berada di kaleng terbuka dapat mengembangkan rasa logam, karena asam logam yang larut ke dalam makanan dari kaleng itu sendiri.

Cara terbaik untuk menyimpan makanan kaleng yang telah dibuka adalah dengan memindahkannya ke wadah makanan plastik kedap udara yang terpisah dan kemudian didinginkan.

3. Telur

Kamu mungkin terkejut melihat telur berada dalam daftar bahan makanan yang tidak boleh diletakkan ke dalam kulkas, karena menyimpannya ke dalam kulkas adalah tempat yang seharusnya, terlebih beberapa kulkas menyediakan kotak khusus untuk menyimpan telur.

Telur disterilkan setelah produksi untuk membunuh bakteri (yang juga melemahkan cangkang telur) dan harus tetap dingin untuk mencegahnya kembali.

Namun jika kamu berada di Eropa, telur sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam lemari es. Mereka tidak disterilkan dan cangkangnya merupakan penghalang yang baik.

Baca juga: 4 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan, Kaya Gizi Bisa Jadi Pengganti Nasi

Beberapa sumber menyebut bahwa menyimpan telur di kulkas dapat membahayakan kesehatan karena bakteri Salmonella.

Beberapa penelitian menunjukkan, telur yang disimpan pada suhu ruang memiliki jumlah bakteri yang lebih sedikit daripada telur yang disimpan di kulkas.

Telur yang kamu beli bisa jadi telah terkontaminasi bakteri, terlebih jika kondisi luar telur yang kotor seperti yang kamu beli di warung-warung. 

Sumber: Kompas.com

Halaman selanjutnya

4. Minyak kelapa

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved