7 Tanaman Hias Bunga yang Tak Butuh Banyak Cahaya Matahari

tanaman hias bunga yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari, sehingga cocok dijadikan tanaman hias indoor

Kompas.com
Tanaman menguning 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Tanaman hias merupakan salah satu tren yang berkembang sepanjang tahun 2020.

Pandemi virus corona membuat masyarakat harus melakukan sebagian besar aktivitas di rumah. Imbasnya, hobi merawat tanaman hias banyak dilakoni demi mengusir kebosanan.

Tanaman hias pun melengkapi dekorasi rumah agar lebih cantik dan nyaman. Selain itu, memelihara tanaman hias juga memberikan manfaat bagi jasmani dan rohani.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Beberapa jenis tanaman hias membutuhkan banyak cahaya matahari agar dapat tumbuh dengan baik. Namun demikian, banyak juga jenis tanaman hias, termasuk tanaman hias bunga, tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Dilansir dari Smart Garden Guide, Selasa (22/12/2020), berikut ini beberapa jenis tanaman hias bunga yang tidak membutuhkan banyak cahaya matahari, sehingga cocok dijadikan tanaman hias indoor.

1. Anggrek bulan

Jenis anggrek ini memiliki bunga yang sangat indah dan batangnya yang anggun. Namun, kecantikan ini tidak hanya tumbuh subur dalam situasi minim cahaya, tetapi juga sangat mudah dirawat dan murah untuk dibeli.

Saat membeli anggrek ini, carilah tanaman dengan daun hijau cerah, akar kokoh, dan batang kokoh. Merawat anggrek ini sangat mudah, cukupsimpan di ruangan yang terang tetapi jauh dari sinar matahari langsung.

Anggrek ini juga akan mentolerir cahaya redup. Sirami secara menyeluruh, tetapi jangan biarkan anggrek terendam air, dan beri pupuk setiap satu hingga dua minggu.

Jangan membuang anggrek Anda jika sudah berhenti berbunga. Tetap rawat saja, dan anggrek akan segera mekar lagi.

2. Kalanchoe blossfeldiana atau Flaming Katy

Kalanchoe atau Flaming Katy akan menambahkan semburat warna cerah ke ruangan mana pun. Jenis tanaman sukulen yang kuat ini sangat mudah tumbuh tetapi memberikan banyak bunga kecil, tahan lama, dan cerah dalam berbagai warna yang mempesona.

Anda bisa merawat kalanchoe seperti halnya Anda merawat sukulen. Tanam di tanah berpasir yang memiliki drainase baik dan sirami dengan cermat, kemudian biarkan air mengalir keluar.

Jangan menyirami tanaman ini sampai setengah inci bagian atas tanah mengering lagi.

Baca juga: Fakta Unik Kantong Semar, Menjadi Tumbuhan Pembunuh Serangga

Flaming Katy tidak membutuhkan sinar matahari langsung, ruangan terang apa pun akan baik-baik saja untuk tanaman Anda. Jika Anda tidak memiliki akses ke sinar matahari, kalanchoe akan baik-baik saja selama berbulan-bulan hanya dengan kondisi cahaya redup.

3. Guzmania Bromeliad

Epifit cantik ini adalah pilihan yang cocok untuk rumah dengan cahaya rendah.

Bunganya akan mekar dalam cahaya redup, cahaya buatan, atau jenis pencahayaan dalam ruangan lainnya.

Namun, bromeliad sama sekali tidak mentolerir sinar matahari langsung.

Meskipun tanaman ini akan baik-baik saja dalam cahaya redup, mekarnya tidak akan bertahan lama jika Anda meletakkannya di ruangan yang lebih terang.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
589 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved