Menuju Sintang Smart City, Diskominfo Launcing Mini Command Center dan Aplikasi Sistem Berbasis Jari

Keberadaan MCC dinilai menjadi langkah awal penyediaan bigdata terkait Kabupaten Sintang.

ET Realty.com
Smart City 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang, meluncurkan ruang Mini Command Center (MCC) dan Aplikasi Sistem Berbasis Jari (SIBEJI) serta Videotron Taman Entuyut.

Seremonial presmian dipimping langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa 15 Desember 2020.

“Ruang MCC dan Aplikasiu SIBEJI ini langkah nyata kabupaten sintang menuju kabupaten smart city. Upaya meningkatkan pelayanan informasi publik yang berkualitas open goverment serta mendorong pemanfaatan teknologi informasi yang lebih maksimal dalam proses pemerintahan dan pembangunan daerah,” kata Kurniawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang.

Keberadaan MCC dinilai menjadi langkah awal penyediaan bigdata terkait Kabupaten Sintang.

Baca juga: SahabatGemarIkan.id Kini Hadir di Pontianak

Dimana ruangan MCC ini berukuran 6x9 meter akan menyajikan visualisasi data dan informasi yang beragam dan lintas kelembagaan, melalui sebuah layar besar yang menyatukan delapan unit monitor TV LED yang masing-masing ukurannya 55 inc.

Terdapat pula sistem manajemen data dan informasi pemerintah daerah yang terintegrasi didalam ruangan MCC tersebut.

"Ruang mcc ini juga berfungsi untuk memantau situasi sintang secara realtime melalui layar cctv, saluran transmisi radio yang telah dipasang di empat titik yaitu di tugu Beji, tugu BI, tugu Adipura atau simpang lima, tugu Jam dan waterfront sungai durian," beber Kurniawan.

Dalam ruang MCC terdapat juga fasilitas vidoetron, yang menjadi simpul komunikasi virtual baik internal, eksternal pemerintah Kabupaten Sintang.

Baca juga: Keren! Wisata Kelam Permai Kabupaten Sintang, Miliki Pesona Alam Eksotis

Ruang MCC ini juga secara bertahap mulai membangun sistem pengaduan masyarakat melalui telephone manual dan telephone selular dengan nomor khusus yang akan di teruskan kepada seluruh OPD dengan harapan memudahkan agar mudah merespon segala laporan masyarakat. 

"Terdapat juga suatu aplikasi berbasis android yang di beri nama sistem informasi berbasi jari atau SIBEJI," ungkapnya.

Aplikasi SIBEJI ini selain memuat 28 kelompok informasi, juga mengkompilasi seluruh website OPD dan instansi vertikal terkait.

Aplikasi ini sudah bisa diunduh di playstore. "Sampai saat ini sudah ada 22 website OPD dan tujuh website instansi vertikal yang sudah tergabung dalam aplikasi," kata Kurniawan.

Baca juga: Mengenal Delirium, Gejala Baru yang Dialami Pasien Covid-19

Selain melaunching MCC dan Aplikasi SIBEJI, kata Kurniawan, di launching juga videotron yang ketiga milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang yang berada di ruang publik Taman Entuyut.

Baliho digital outdoor, videotron yang berukuran 2x4 meter ini, menurut Kurniawan sangat bermanfaat untuk menyampaikan pesan dan informasi pemerintah kepada masyarakat sekaligus menjadi potensi PAD melalui retribusi daerah. (*)

Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved