Komunitas Ikan Cupang Ketapang, Resmi Terbentuk

Terbentuknya komunitas ini berawal dari sempat dilakukan pembatasan aktivitas pada masa pandemi Covid-19.

Istimewa
Anggota dari Komunitas Ikan Cupang Ketapang (KICK) saat melaksanakan kumpul bersama 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM-Sejumlah penghobi ikan cupang di Kabupaten Ketapang membentuk Komunitas Ikan Cupang Ketapang (KICK). 

Terbentuknya komunitas ini berawal dari sempat dilakukan pembatasan aktivitas pada masa pandemi Covid-19.

Sehingga membuat beberapa dari penghobi ikan cupang di Ketapang berinisiatif untuk membentuk suatu kelompok.

Ketua KICK Foland mengatakan komunitas ikan cupang ini dibentuk atas dasar kesepakatan beberapa pencinta ikan cupang di Ketapang.

Baca juga: Kenalan Yuk, Breeder Cupang Asal Pontianak, Berbagi Tips dan Rawat Hingga Hasilkan Jutaan Rupiah

"Dari beberapa teman yang sehobi budidaya ikan cupang atau yang hanya sekedar mengoleksi ikan cupang menyarankan kita membentuk komunitas ikan cupang. Sehingga disepakati diberi nama KICK, kepajangan dari Komunitas Ikan Cupang Ketapang," kata Foland, Selasa 15 Desember 2020.

Menurut pegawai di RSUD Agoesdjam Ketapang itu memelihara atau membudidayakan ikan cupang ini sedikit berbeda dengan memelihara atau membudidayakan ikan air tawar jenis lainnya. 

Karena ikan cupang yang juga masuk sebagai kategori ikan hias ini tidak dapat di gabung di dalam satu tempat, karena ikan cupang memiliki karakteristik ikan yang agresif sehingga tidak dapat digabung disuatu wadah dengan ikan sejenis atau ikan lainnya.

"Ikan cupang ini masuk dalam kategori ikan adu, jadi memang sangat tidak memungkinkan untuk di gabung di satu aquarium atau wadah sama ikan lainnya," jelasnya.

Salah satu keunikan membudidayakan ikan cupang ini diakui Foland, terletak keahlian dalam membudidayakan ikan cupang saat melakulan perkawinan silang ikan cupang. Karena karakter warna di bibit yang baru bisa berbeda sehingga menambah cantik warna dan bentuk sirip ikan tersebut.

Baca juga: 10 Film dan Serial TV yang Paling Dicari di Google Indonesia Sepanjang 2020

"Uniknya budidaya ikan cupang ini bisa melahirkan genetik genetik baru, baik itu dari warna, sirip atau sisiknya," ujarnya.

Untuk itu, melalui komunitas KICK ini Foland mengajak bagi pencinta ikan cupang di Ketapang untuk dapat bergabung, sehingga melalui komunitas ini dapat terjalin silaturahmi dan menambah ilmu dalam budidaya ikan cupang.

"Kita sekarang sudah ada sekitar 30 anggota, harapan kita semakin bertambah anggotanya. Kita harapkan melalui komunitas ini lebih banyak ilmu yang kita dapat terkait ikan cupang ini, dan menjadi wadah silaturahmi kita," tandasnya.(*)

Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved