BEM PNP Gelar Webinar Bahas Efektivitas BLT di Masyarakat

BST ini disalurkan berdasarkan Kepmensos Nomor 54/HUK/2020 bagian kesebelas

Istimewa
Poster Webinar 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Efektivitas dan Manfaat Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat Kalbar di Masa Pandemi Covid-19 kini masih dipertanyakan. 

Dengan tema ini, yang diusung Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (BEM-PNP) akhirnya menggelar seminar online (Webinar), Jumat (6/11/2020).

Saat itu menghadirkan beberapa narasumber seperti Kepala PT Pos Wilayah Pontianak Zaenal Hamid, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar Golda. M. Purba, Akademisi Fajrin, salah satu Dosen Universitas Muhammadiyah Pontianak, dan Pengamat Rival Aqma Rianda.

Dan webinar ini dipandu Presiden Mahasiswa PNP, Abang Ari M. Guntara.

Kepala Dinas Sosial Kalbar, Golda. M. Purba menjelaskan, pihaknya sudah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang merupakan bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan atau kelompok rentan yang terkena dampak Covid-19.

Baca juga: Penandatanganan Kesepakatan Bersama, Tingkatkan Sinergitas Pelayanan Pajak

”Untuk penerima BST ini, merupakan kelompok yang belum menerima bansos reguler, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako,” ujarnya.

Ditambahkan, BST ini disalurkan berdasarkan Kepmensos Nomor 54/HUK/2020 bagian kesebelas bahwa data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diprioritaskan berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan dapat berasal dari usulan Pemda Kabupaten/Kota dengan melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

” Nah, Kepmensos RI ini memuat mengenai kebenaran data KPM yang diusulkan sebagai Keluarga penerima BST,” tegasnya.

Sementara, Kepala PT Pos Wilayah Pontianak, Zaenal Hamid menjelaskan soal penyaluran bantuan kepada masyarakat.

Dan tetap patuh serta memprioritaskan protokol kesehatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Maudy Asri Gita Utami
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved