Sylva Untan, Perhatikan Sumber Daya Alam Kehutanan Kalbar

Sylva adalah setiap mahasiswa yang masuk dalam fakultas kehutanan Untan, akan dianggap anggota Sylva

File Tribun
Anggota Sylva Pc. Untan 

TRIBUNPONTIANAKWIKI.COM- Satu diantara organisasi kemahasiswaan, yakni Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Sylva Indonesia PC. Untan, terbentuk sejak 27 september 1979.

Anggota yang tergabung di Sylva adalah setiap mahasiswa yang masuk dalam fakultas kehutanan Untan, akan dianggap anggota Sylva, akan tetapi dengan beberapa kriteria.

Baca juga: Komunitas SADAP, Ruang Lintas Generasi Anak Muda Menyatukan Perbedaan

"Kriterianya dibagi lagi, yaitu anggota biasa ( mahasiswa yg terdaftar di kehutanan Untan secara akademis), anggota muda (mahasiswa yang telah mengikuti proses pengkaderan yaitu sylva camp), anggota kehormatan (mahasiswa yang telah mengharumkan nama Fakultas Kehutanan Untan dan organisasi)  dan yang terakhir adalah anggota luar biasa (mahasiswa Fakultas Kehutanan yang sudah menyelesaikan masa studi dan berstatus alumni)," ujar Ketua Sylva, Jero Haryono.

Dikatakannya, program yang dilaksanakan bisa mencakup kegiatan yang telah mereka laksanakan, yaitu pengkaderan yakni latihan integrasi kehutanan (LINK) dan Sylva Camp.

Diluar kegiatan pengkaderan, organisasi ini juga membuat seminar-seminar yang berasaskan isu isu lingkungan dan kehutanan.

Gerakan peduli kehutanan atau lingkungan juga selalu mereka laksanakan dalam setiap kegiatan, seperti sosialisasi kepada masyarakat tentanf pentingnya hutan bagi manusia, dan penanaman bibit pohon.

Baca juga: Komunitas Posum Hadir Berikan Edukasi Dalam Merawat Sugar Glider

" Untuk menambah ketajaman wawasan mahasiswa, di bem Fahutan Sylva pc. Untan terdapat Kelompok pemerhati Sumber  Daya Alam ( KPSDA) yang terbagi menjadi 6 kelompok, yakni KPSDA daon (tumbuhan), KPSDA Aves (burung), KPSDA Pasukan Serangga, KPSDA pasukan anggrek, KSDA Herpetofauna, dan juga KPSDA mammals (mamalia)," ujarnya.

Kegiatan pembekalan dalam mengidentifikasi Sumber Daya Alam juga selalu diberikan dalam pendidikan dan latihan di setiap KPSDA.

"Puncaknya setiap KPSDA akan melakukan ekspedisi untuk meneliti tentang data-data SDA di berbagai tempat," lanjut Jero.

kegiatan dan program di BEM Fahutan Sylva pc. Untan juga diselaraskan dengan mata kuliah yang terdapat di kampus.

Maka, dengan adanya Sylva, juga dapat membantu pelajaran-pelajaran dalam bidang penelitian dan juga ilmu kehutanan.

"Program unggulan yang akan dilaksanakan tahun ini adalah belajar bersama Masyarakat, dimana akan dibentuk satu desa binaan yang bertujuan dapat membantu masyarakat  memahami arti pelestarian hutan," paparnya.

BEM Fakultas Kehutanan Sylva Indonesia Pc. Untan merupakan organisasi profesi non profit. 

Sylva adalah ikatan mahasiswa Kehutanan  di seluruh Indonesia.

Sylva Indonesia Pengurus Cabang (PC) Untan adalah Ikatan mahsiswa Fakultas Kehutanan Untan.

Hal ini sesuai dengan progres yang turun temurun dilakukan sejak tahun 1979.

visi dan misi BEM Fakultas Kehutanan Sylva Indonesia Pc. Untan sebagai berikut:

Baca juga: Yuk Kita Kenali, Sejarah Hari Uang Republik Indonesia, Kamu Harus Tau Loh!

VISI:
Menjadikan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Sylva Indonesia PC. UNTANsebagai Lembaga yang interaktif serta meningkatkan sinergitas untuk membangun profesionalisme mahasiswa

Misi :
1. Membangun internal Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kehutanan Sylva Indonesia PC. Untan berlandaskan kekeluargaan
2. Pengembangan minat dan bakat Mahasiswa baik dibidang akademik maupun non akademik
3. Meningkatkab mutu dan potensi mahasiswa
4. Meningkatkan kerjasama dengan organisasi internal dan  eksternal Universitas Tanjungpura

Adapun tujuan dari organisasi ini, diantaranya untuk memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan bersama Mahasiswa Fakultas Kehutanan Untan dan Mahasiswa Fahutan Indonesia.

Selain itu, tujuan lainnya yakni meningkatkan kualitas sumber daya keprofesionalan Mahasiswa Fahutan, bersama korps Rimbawan dan masyarakat dalam meningkatkan wawasan dan kreatifitas tentang pengembangan di bidang hutan dan kehutanan, untuk mencapai masyarakat adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1946. (mod)

Ikuti kami di
KOMENTAR
315 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved