Mitos atau Fakta? Es Batu Bisa Kecilkan Pori-pori di Wajah

Es batu kalau digunakan, saat itu juga (pori-pori) kecil tapi tentu efek jangka panjang tidak ada."

Editor: Maskartini
Kompas
Ilustrasi facial dengan es batu(shutterstock) 

TRIBUNNEWSWIKI.COM,PONTIANAK - Pori-pori di wajah menjadi masalah besar bagi sebagian wanita yang memperhatikan kecantikannya. Pada kenyataannya, banyak orang mengalami masalah pori-pori besar sehingga merasa kurang percaya diri.

Pori-pori kecil akan membuat wajah cantik walaupun tanpa polesan. Berbagai upaya pun rela dilakukan agar kulit wajah mulus tanpa make up.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu mengecilkan pori-pori wajah
adalah menggosokkan es batu di wajah. Mitos atau fakta menggosokkan es batu bisa membuat pori-pori kulit halus?

Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK mengatakan, pada dasarnya sesuatu yang hangat akan membuat pori-pori melebar dan sesuatu yang dingin akan membuat pori-pori lebih rapat.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Kenali Sejarah dan Konsumsi Makanan Sehat, Bergizi dan Tidak Berlebihan

Itulah mengapa ketika kita menjalani perawatan di klinik, misalnya, kulit wajah kita akan diberi uap panas untuk membuka pori-pori. Sementara pemberian es batu di wajah membantu menutup pori-pori.

Namun, efek itu tidak berlangsung lama.
"Itu hanya efek sesaat. Es batu kalau digunakan, saat itu juga (pori-pori) kecil tapi tentu efek jangka panjang tidak ada."

Demikian diungkapkan oleh dr. Kardiana dalam pre-event launching Rojukiss, Jumat (16/10/2020).

Menggosokkan es batu ke kulit hanya akan membuat kesan pori-pori yang lebih rapat, namun tidak ada efek jangka panjang untuk pori-pori dan kulit di sekitarnya.

Masalah pori-pori besar perlu diatasi dengan kombinasi solusi, mulai dari membersihkan wajah secara menyeluruh untuk mencegah kotoran menyumbat pori-pori, menggunakan pelembap, rajin menggunakan tabir surya, hingga perawatan eksfoliasi.

Baca juga: Deretan Drama Korea Terbaru Oktober 2020, Start-Up Rilis Hari Ini

Cara mengecilkan pori-pori

Jika kulitmu berminyak, jangan lupa melibatkan penggunaan produk dengan bahan-bahan yang dapat membantu mengecilkan pori, seperti witch hazel.

"Dengan menggunakannya secara rutin dan intens biasanya kita akan melihat hasilnya," ungkap dr. Kardiana.

Baca juga: Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cara yang Benar

Penyebab pori-pori kulit membesar
Ada beberapa faktor yang dapat membuat pori-pori kulit membesar. Beberapa faktor dapat dicegah sehingga kulit kita bisa tetap tampak mulus dan sehat.

Baca juga: Mengagumkan, BTS Raih Empat Kali Penghargaan Beruntun di Billboard Music Award 2020

Faktor-faktor tersebut antara lain:
1. Pori-pori tersumbat
Penyumbatan bisa dikarenakan produk riasan wajah, debu atau noda yang menutup pori-pori sehingga pori-pori yang seharusnya tampak kecil menjadi tampak lebih besar.

2. Kulit berminyak
Kulit berminyak menyebabkan produksi kelenjar minyak secara aktif, sehingga saluran yang harusnya rapat menjadi lebih terbuka dan tampak. Pada akhirnya, penampang kulit di luar juga tampak lebih besar.

3. Proses penuaan
Seiring bertambahnya usia, kemampuan sel untuk beregenerasi akan berkurang, kolagen dan elastin juga mulai menyusut. Sehingga kulit yang harusnya dapat disangga dengan baik menjadi lebih kisut dan tampak ada pori-pori.

4. Faktor genetik
Beberapa orang terlahir dengan kulit yang cenderung memiliki tipe pori-pori besar dan berminyak. Dengan adanya faktor pemicu, pori-pori akan tampak semakin besar. Beberapa faktor pemicunya antara lain kulit banyak terkena sinar matahari dan terpapar polusi. Pada akhirnya, kulit akan berminyak, muncul komedo, pori-pori tersumbat, sehingga membuat kesan pori-pori lebih besar.

Baca juga: Orang Jepang Sering Menyeruput Mi sampai Berbunyi Nyaring, Ternyata Ada Alasan Tertentu di Baliknya

Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Cara yang Benar

Salah satu kondisi kulit yang paling sering dikeluhkan adalah pori-pori besar di wajah. Padahal masalah ini sebenarnya cukup mudah untuk diatasi.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved