Komunitas XBank

XBank adalah sebuah komunitas nirlaba yang beranggotakan orang-orang yang sudah lepas dari lembaga ribawi.

Tribun Pontianak/Istimewa
Foto bersama seusai Seminar Seberapa Perlu Kita Berhutang, yang dilaksanakan di Masjid Syaifullah Al-Azhar Pontianak, Sabtu (14/12/2019). 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK -  XBank adalah sebuah komunitas nirlaba yang beranggotakan orang-orang yang sudah lepas dari lembaga ribawi. 

Anggota komunitas ini adalah karyawan perbankan, leasing, asuransi baik yang masih aktif maupun yang sudah resign atau pensiun.

Ketua XBank Kalbar, Riza Fasa mengatakan komunitas ini sebagai wadah berkumpul bersama untuk saling mendukung usaha anggotanya. 

Komunitas Mata Literasi

Tujuannya adalah agar setiap anggota bisa saling menguatkan antar satu sama lainnya dalam hijrah dan paham mengenai kaidah hijrah.

Komunitas ini juga menaungi orang yang ingin segera lepas dan punya keinginan kuat untuk lepas dari lembaga Ribawi.

XBank sendiri berdiri 15 Juli 2017 lalu, yang berpusat di Kota Yogyakarta. Berdirinya komunitas ini dilatarbelakangi perlunya support dan sharing antar sesama anggota untuk sama-sama saling menguatkan setelah hijrah dari lembaga ribawi.

Secara keseluruhan saat ini Komunitas Xbank berjumlah 24 ribu lebih. Sedangkan di wilayah Kalbar kurang lebih berjumlah 196 orang.

Komunitas Satu Periok Mempawah

Kegiatan di setiap wilayah kata Riza berbeda-beda tapi lebih ke misi sosial. Agenda rutin wilayah Kalbar biasanya ada pertemuan bulanan.

Ketua wilayah Kalbar sebelumnya di pegang Imam Muttaqin dan diganti oleh Riza Fasa sejak 2019.

Harapannya kedepan XBank menjadi komunitas dan wadah yang terus dapat menyampaikan kebenaran akan bahaya dan dosa dari praktek ribawi. 

Penyampaiannya melalui kegiatan-kegiatan sosial, dengan harapan dapat merubah perekonomian yang lebih islami dan sesuai dengan syariat Islam.

Komunitas Kote Singkawang

Ikuti kami di
Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved