Komunitas Beting Pintar

Komunitas Beting Pintar merupakan komunitas yang berawal dari kelompok ngaji di kawasan Beting

Tribun Pontianak/Istimewa
Komunitas Beting Pintar 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK -  Komunitas Beting Pintar merupakan komunitas yang berawal dari kelompok ngaji di kawasan Beting, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Komunitas ini dibentuk karena terinspirasi dari Sekolah Masjid Terminal (Master) di Kota Depok yang memfasilitasi sekolah gratis bagi para anak jalanan di Kota Depok.

Founder sekaligus Ketua Komunitas Beting Pintar, Nurbaiti mengaku mempunyai impian yang sama ingin mendirikan Beting Pintar yang kini menjadi tempat belajar bagi para Anak-anak yang tinggal di Kampung Beting.

Komunitas Bantu Pendidikan Kita

Ainun sapaan akrabnya mengatakan sekitar April 2016, ia bersama teman-teman ngajinya mulai melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah, mengajak siapa saja anak-anak yang mau ikut mengaji.

Lantaran gratis, ternyata peminatnya kata Ainun cukup ramai. Apalagi semua fasilitas disediakan, tanpa harus membawa Alquran mukena dan lainnya. Ia pun tak membatasi anak-anak bermain.

Komunitas Beting Pintar, Asah Minat Bakat Anak Beting Hingga Pengajian Ibu-ibu. IST
Komunitas Beting Pintar, Asah Minat Bakat Anak Beting Hingga Pengajian Ibu-ibu. IST (Tribun Pontianak/Istimewa)

Setelah satu bulan ternyata banyak mendapatkan respon positif. Sehingga kumpulan mengaji dijadikan komunitas, Beting Cinta Qur'an. Seiring berjalannya kegiatan di komunitas Beting Cinta Quran, banyak pihak yang ingin terlibat, tidak terkecuali yang non muslim.

Maka akhirnya Beting Cinta Quran berubah lagi menjadi Komunitas Beting Pintar yang kegiatannya tidak hanya mengajar anak-anak mengaji, tetapi juga les gratis.

Komunitas Avicenna Holistic Care

Kini komunitas Beting Pintar juga fokus ke pendidikan anak-anak Beting. Selain mengaji disediakan les gratis, belajar berhitung, baca, tulis dan semacamnya. Anak-anak di Beting Pintar juga bisa mengikuti berbagai kompetisi, hingga mendapatkan beasiswa.

Kedepan, tidak hanya mengajar anak-anak mengaji dan memberikan les gratis, tapi juga bisa mengasah minat dan bakat anak-anak di Kampung Beting. Ia berharap anak-anak bisa menggali potensi diri.

Komunitas Beting Pintar sudah mulai mendapatkan bantuan berupa alat musik dari Kecamatan Pontianak Timur, alat-alat tersebut akan dipakai untuk mengasah minat dan bakat anak-anak di Kampung Beting Pintar.

Komunitas Kote Singkawang

Ikuti kami di
Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved